Beranda Daerah Batam

Wagub Marlin Lepas Ekspor Hasil Pertanian Kepri Bernilai Rp 147 Miliar

0
Wagub Kepri Marlin Agustina-f/istimewa-humprohub

BATAM (HAKA) – Wakil Gubernur Marlin Agustina, melepas ekspor pertanian ke sepuluh negara, Sabtu (14/8/2021) dari Kantor BP Kawasan Batam.

Ekspor produk pertanian senilai Rp147 miliar ini dilepas dari Batam Centre, untuk diberangkatkan melalui pelabuhan Batu Ampar. Kepri menjadi salah satu titik ekspor dalam, pelepasan produk pertanian Indonesia sebesar Rp7,290 triliun.

“Alhamdulillah, walaupun sebagai daerah kepulauan, yang luas lautnya 96 persen, Kepri bisa ikut menyumbang ekspor produk-produk pertanian,” kata Wagub Marlin.

Wagub Marlin melepas ekspor tersebut bersama Kepala BP Batam H Muhammad Rudi. Setelah itu, Wagub Marlin mengikuti Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021, dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, oleh Presiden Joko Widodo.

Pelepasan ini dilaksanakan secara virtual. Selain oleh Wagub Marlin dari Balairung BP Batam, juga diikuti sejumlah Menteri, Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan sejumlah pengusaha.

Pelepasan ekspor ini dilakukan melalui 17 pintu, baik laut maupun udara. Untuk Kepri, pelepasan dilaksanakan melalui pelabuhan Batu Ampar. Wagub Marlin bersama Wali Kota Batam Rudi, melepas ekspor tersebut dengan mengangkat bendera.

Dari halaman parkir Gedung BP Batam pelepasan ekspor hasil pertanian 2021 Provinsi Kepri kali ini mencapai Rp 147 miliar.

Komoditas ekspor asal Kepri yang menjadi andalan di antaranya kelapa, tembakau, lada biji, pinang biji, kulit kayu manis, jernang, gambir, dan kakao. Ada juga minyak sawit hingga sarang burung walet.

Selanjutnya produk tersebut langsung diekspor ke 10 negara tujuan. Di antaranya Malaysia, Singapura, Tiongkok, Belanda, Brazil, India, Jerman, Fiji dan Australia. (kar/humprohub)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here