Beranda Daerah Anambas

Tarempa dan Letung, Kawasan Strategis Wisata Bahari di Anambas

0
Keindahan alam bahari di Pulau Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas-f/istimewa-pedomanwisata.com

ANAMBAS (HAKA) – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) merupakan kabupaten termuda di Provinsi Kepri. Di kabupaten ini menyimpan sejumlah destinasi wisata alam bahari yang sangat memesona.

Plt Kadispar Kepri, Luki Zaiman Prawira menyampaikan, di tahun 2022 lalu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad telah menetapkan dua daerah di KKA, yakni Tarempa dan Letung sebagai kawasan strategis pariwisata di KKA.

“Kedua daerah itu ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata yang bertemakan wisata bahari,” katanya, Senin (10/7/2023).

Luki mengutarakan, kedua daerah itu memang memiliki sejumlah destinasi wisata bahari, yang kerap menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Seperti, Pulau Siantan yang ada di Tarempa, kata Hery, pulau ini merupakan yang paling besar di Anambas. Letak pulau ini juga cukup unik. Yakni, tepat berada di tengah-tengah pulau kecil lainnya yang ada di Anambas.

Pulau Matak yang terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas-f/instagram_marischkaprue

“Di pulau ini kita bisa melihat keindahan alam bahari Anambas sekaligus pusat kota Anambas, yaitu Tarempa,” ujarnya.

Destinasi lain di Tarempa yang selalu menjadi incaran wisatawan, lanjut Luki, yakni, Pantai Tanjung Momong. Pantai ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Tarempa.

“Pantai ini panjangnya sekitar 1 km, jadi kita bisa puas bermain atau hunting-hunting foto di sepanjang pantai ini,” ujarnya.

Di pantai ini, kata dia, juga banyak terdapat bebatun dan pohon kelapa. Selain itu, tepat di tengah pantai terdapat sebuah dermaga yang dinamai Pelabuhan SMAN 1 Siantan.

Destinasi wisata bahari selanjutnya, di Tarempa, yakni, Pulau Matak. Luki menyampaikan, sejatinya pulau ini tidak berada persis di Tarempa, tapi lokasinya memang cukup dekat dengan Pulau Siantan.

Pengunjung tengah mengabadikan keindahan alam Pantai Padang Melang. Salah satu destinasi wisata yang terletak di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas-f/zulfikar-hariankepri.com

“Pulau Matak ini merupakan kepulauan terluar dan menjadi pembatas antara Indonesia dengan Malaysia,” jelasnya.

Baca juga:  Menginap 1 Malam di Villa Pulau Nikoi, Cukup Rp 2,7 Juta Dapat Banyak Fasilitas

Keindahan alam bahari di pulau ini, ujar Luki sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasir pantai yang putih dipadu dengan air laut yang jernih, membuat pulau ini sayang dilewatkan jika datang berkunjung ke Anambas.

“Pulau ini juga merupakan tempat habitat penyu,” tuturnya.

Sedangkan, di Letung, sejumlah destinasi wisata yang selalu menjadi tujuan wisatawan yakni, Pantai Panjang.

Kemudian, ada juga Pantai Padang Melang, pantai unik dengan garis pantai yang panjang mencapai sekitar 7 kilo meter.

Pantai yang berada di Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi ini, juga memiliki pasir pantai yang putih, serta dihiasi dengan jejeran pohon kelapa dan cemara yang menambah kesan rindang pantai tersebut.

Luki mengatakan, sejak tahun 2014 lalu Pantai Padang Melang oleh Pemkab Anambas dijadikan sebagai tempat pelaksanaan festival. Beragam kegiatan dilakukan dalam festival yang digelar selama 3 hari tersebut.

“Seperti wisata kuliner, tarian tradisional, hingga pesta kembang api,” tuturnya.

Wisatawan saat bersnorkeling di Pulau Ayam, Kabupaten Kepulauan Anambas-f/istimewa-tripadvisor

Destinasi berikutnya Pulau Temawan. Pulau ini oleh pengunjung disebut-sebut sebagai surganya keindahan alam bahari di Indonesia.

Betapa tidak, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat eksotis. Saking jernihnya, air laut di pulau itu membuat pengunjung tak perlu sampai menyelam, cukup berada di pinggir pantai sudah bisa melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut.

Pasir pantainya yang putih dan halus, sangat pas rasanya dijadikan sebagai alas untuk berjemur menikmati sejuknya semilir angin di pantai itu. Air lautnya yang tenang, membuat pulau ini sayang rasanya dilewati jika datang ke Anambas.

Fasilitas di pulau ini juga tergolong cukup lengkap. Pengunjung bisa menyewa penginapan jika ingin bermalam di sana. Untuk menuju ke pulau ini, dapat ditempuh dengan menggunakan kapal yang banyak tersedia di sekitar pelabuhan Tarempa.

Baca juga:  Longgarkan Kebijakan Kunjungan Wisman, Presiden Jokowi Respon Positif Usulan Ansar

Destinasi lain yang ada di Letung, yakni, Pulau Ayam yang berada di Jemaja Timur. Pulau ini memiliki air yang jernih serta memiliki terumbu karang dan biota laut yang beragam.

Sehingga, banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk ber-snorkeling, dan berenang. Saat berada di sini para wisatawan juga bisa mendirikan tenda untuk menghabiskan malam di pulau itu.

“Untuk menuju ke pulau ini, bisa menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tarempa,” ujarnya.(kar)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini