Beranda Daerah Bintan

Saat Forum Wali Kota Dunia di Korsel, Bupati Roby Paparkan Inovasi Bintan

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan saat menghadiri Forum Wali Kota KTT Dunia tahun 2023, di Koresl-f/istimewa-diskominfo bintan

BINTAN (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan, diundang untuk menghadiri Forum Wali Kota KTT Dunia atau World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023, di Korea Selatan.

Selain menghadiri, Roby juga diminta untuk menjadi pembicara di event bergengsi kelas dunia itu, yang digelar di Kota Seoul, Korea Selatan (Korsel), selama beberapa hari, sejak Senin (25/9/2023).

Saat tiba di negeri ginseng itu, Bupati Roby disambut Wali Kota Seoul Oh See-Hoon, saat tiba di Korsel. Pertemuan dalam WCS Mayors Forum 2023 ini sangat spesial.

Pasalnya, pemimpin pemerintahan daerah yang diundang secara khusus adalah, orang yang memiliki track record yang baik dalam pembangunan. Serta best practice dalam mewujudkan daerahnya menjadi layak huni dan masuk prinsip-prinsip berkelanjutan.

“Alhamdulillah semua sesi sudah selesai. Sharing inovasi dari masing-masing kota diberbagai belahan dunia kita dengarkan juga di forum itu,” tutur Roby, Rabu (27/9/2023).

Roby juga menyampaikan beberapa inovasi unggulan di Bintan, yang merupakan jawaban isu global. Khususnya tentang Kota yang layak huni dan berkelanjutan.

Roby mengatakan, di hari pertama pertemuan Senin (25/9/2023), dirinya bersama para wali kota dunia mengikuti dialog dan membahas dua subtema.

Yakni, tentang bagaimana Kepala Daerah dapat membentuk masyarakat inklusif dan memberdayakan masyarakat. Sedangkan kedua, berdiskusi tentang jiwa kota, bagaimana Kepala Daerah dapat melestarikan warisan budaya.

Hari berikutnya, membahas bagaimana Kepala Daerah dapat mempercepat dekarbonisasi dan memperkuat ketahanan iklim.

Menurut Roby, World Cities Summit Mayors Forum ini sangat mendukung visi dan misi serta program Pemkab Bintan untuk menjadikan Bintan Kota Dunia. Serta, sekaligus membuktikan eksistensi Bintan di mata dunia.

“Ada banyak isu global yang kita bahas di sini, khususnya bagaimana membangun Kota layak huni yang inklusif,” pungkas Roby. (rul)

Baca juga:  Rakor Karumkital RSAL Tanjungpinang, Kasal Ingatkan Soal Penyusunan Anggaran
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini