Beranda Headline

Ryan, PNS Penyandang Disabilitas yang Siap Berbagi Tips Sukses Berbisnis

0
Muhammad Eska Ryannanda-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Seorang pria penyandang disabilitas bernama Muhammad Eska Ryannanda, dinilai memiliki kehidupan yang cukup baik dan terbilang sukses.

Pasalnya, sebagai orang yang memiliki keterbatasan fisik, ia mampu berkiprah menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan memiliki usaha di bidang otomotif.

Berkat dorongan orang tua dan ketekunannya, pria kelahiran Tanjungpinang tahun 1994 ini, berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan di salah satu kampus, di Indonesia. Ia pun lolos PNS dan bertugas di Barenlitbang Kabupaten Lingga.

Pada usia 23 tahun, Ryan mulai memberanikan diri membawa kendaraan roda dua. Hal itu tentunya, berkat dukungan istri tercintanya yang setia menemani Ryan, meskipun kondisi fisiknya tidak seperti manusia pada umumnya.

Kini Ryan telah berusia 28 tahun. Dirinya pun telah memiliki usaha rental mobil bernama JR yang beralamat di Batu 5 Atas, Jalan Sei Jang.

Ryan mengaku, bahwa dirinya memiliki hak istimewa (privilege) dari lingkungan keluarganya. Namun pun demikian, hal itu tidak menyurutkan semangatnya, untuk tetap berkarir dan berwirausaha sebagai penyandang disabilitas mandiri.

“Saya anak pertama dari tiga saudara. Walaupun saya penyandang disabilitas saya tetap tekun agar bisa meraih kesuksesan,” ungkapnya saat ditemui salah satu kafe di Tanjungpinang, Senin(08/08/2022).

Sembari ia menjalani tugas sebagai abdi negara dan menjalani bisnisnya. Saat ini, Ryan, juga fokus membimbing serta memberikan edukasi kepada anak-anak muda yang ingin berwirausaha.

“Empat tahun saya berwirausaha semenjak menikah dari tahun 2017. Saya siap memberikan ruang dan berbagi ilmu kepada anak muda yang ingin belajar,” tuturnya.

Meskipun penghasilan telah lebih dari cukup untuk kebutuhan keluarganya, namun, Ryan masih memiliki cita-cita besar yang sedang ia perjuangkan.

“Nanti, ada waktu yang tepat baru saya beritahukan,” tutupnya. (rul)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini