Beranda Lipsus

Berhasil Turunkan Kemiskinan Ekstrem, Bupati Roby Terima Penghargaan dari Wapres RI

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima penghargaan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di Istana Wapres RI-f/istimewa-diskominfo bintan

JAKARTA (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima apresiasi langsung dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, atas keberhasilan kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem.

Penghargaan tersebut diserahkan, dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional, dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun berjalan 2023, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Di kegiatan itu, Ma’ruf Amin didampingi oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang ikut menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 dari Wapres Ma’ruf Amin-f/istimewa-diskominfo bintan

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Bintan itu, telah mampu menunjukkan kinerja terbaiknya, dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di daerahnya.

Dari data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, di masa kepemimpinan Roby, terbukti angka kemiskinan ekstrem di Bintan turun dari 0,38 persen tahun 2021 menjadi 0,19 persen di tahun 2022.

Tak hanya itu, bahkan kinerja Pemkab Bintan merupakan yang terbaik se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), jika dibandingkan dengan 6 kabupaten kota lainnya.

Suasana Rakor Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kamis (9/11/2023)-f/istimewa-diskominfo bintan

Kinerja baik ini tidak terlepas dari kepiawaian Bupati Roby, dalam menyinergikan dan mengintegrasikan, program Pemerintah Pusat dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Bintan.

Di antaranya, program Bintan Peduli Lansia melalui penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Lansia, bantuan sembako, layanan kesehatan gratis menggunakan Kartu Keluarga dan KTP-el, rehabilitasi rumah tidak layak huni, perbaikan sanitasi dan peningkatan akses air bersih.

Tak sampai di situ, bahkan pada tahun 2023 ini, Pemkab Bintan juga memberikan bantuan iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pekerja rentan.

Selain itu program di bidang sosial juga diintegrasikan dengan program di bidang ekonomi melalui Kredit Mikro Bangkit nol persen. Kemudian, upaya peningkatan produksi perikanan dan pertanian, peningkatan kapasitas kewirausahaan serta pelatihan bagi para pencari kerja.

Baca juga:  Di Hadapan Gadis Meinar Sari, Bupati Roby Paparkan Potensi Wisata Bintan

“Penghargaan ini merupakan komitmen bersama seluruh elemen untuk memastikan kesejahteraan masyarakat Bintan. Penduduk miskin kita pastikan dapat meningkat kesejahteraannya melalui berbagai upaya kebijakan strategis penanggulangan kemiskinan di Bintan,” jelas Roby usai menerima penghargaan.

Wapres Ma’ruf Amin saat acara Rakor Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023 di Istana Wapres, Jakarta-f/istimewa-diskominfo bintan

Selanjutnya, Bupati Bintan menerangkan, program menuntaskan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah kewajiban dan dedikasi Pemerintah Kabupaten Bintan.

“Tugas saya sebagai Bupati terus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh dan upaya-upaya strategis untuk penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan, sudah on the track, maka ke depan akan kita lanjutkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden Republik Indonesia juga memberikan arahan agar penanganan penghapusan kemiskinan ekstrem tetap menjadi prioritas seluruh Pemerintah Daerah, dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi multi-stakeholders.

“Pemkab Bintan juga menerima dana hibah penanganan penghapusan kemiskinan ekstrem sebesar Rp 6,1 miliar lebih,” imbuh Ma’ruf. (adv)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini