Beranda Headline

Di Kepri Hanya Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Natuna yang Bisa Vaksinasi Booster

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Terhitung Sabtu (18/12/2021) Pemprov Kepri akan memulai pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemerintah Provinsi Kepri, terus mematangkan rencana untuk pelaksanaan vaksinasi dosis 3 atau booster yang akan diluncurkan secara nasional pada 12 Januari 2022.

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, dari tujuh kabupaten/kota di Kepri, hanya empat daerah yang akan melaksanakan vaksinasi booster di Januari 2022 ini.

“Yakni Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna,” sebutnya.

Hal itu kata dia, berdasarkan syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, yakni daerah yang bisa melakukan vaksin booster, adalah daerah yang sudah melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis 1 dan sudah melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis 2.

“Di Kepri, empat daerah itu memenuhi syarat,” katanya, Senin (10/1/2022).

Terkait jadwal pasti pelaksanaan vaksinasi booster itu, sejauh ini Pemprov Kepri masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun, ia menargetkan pelaksanaan vaksinasi booster di Kepri akan diluncurkan pada 13 atau 14 Januari 2022.

“Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok (hari ini, red), kita bisa memulai vaksin booster di Kepri,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ansar juga menjelaskan, vaksinasi booster ini, akan diprioritaskan bagi kelompok lansia dan kelompok rentan. Kemudian, juga kepada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Sementara itu, pada Senin (10/1/2022), BPOM juga telah meresmikan lima jenis vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi booster.

Kelima jenis vaksin tersebut adalah, CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.(kar)



example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini