Beranda Headline

Di Indonesia, Hanya Pelabuhan Pinang yang Mulai Gunakan Ini

0
Launching transaksi non tunai di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HAKA) – PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang resmi merilis penggunaan uang elektronik atau transaksi uang non tunai untuk pas masuk pelabuhan (e-pas) dan e-parkir di pelabuhan Sribintan Pura (SbP), Jumat (8/6/2018).

General Manager (GM) I Wayan Wirawan mengatakan, sekarang sudah mulai transaksi non tunai di SbP, namun dalam satu bulan ke depan pemberlakuannya masih 2 sistem, yang artinya tetap masih ada yang menggunakan tunai dan non tunai.

Sebab, kata dia, sistem transaksi non tunai ini sedang dalam tahap sosialisasi sampai 15 Juli mendatang.

“Maksimal kita kasih waktu sampai 15 Juli untuk sosialisasi, selanjutnya kita wajibkan pelaksanaan pas pelabuhan ini dilakukan non tunai,” ucapnya.

Menurutnya, dengan menerapkan transaksi non tunai ini menjadi transparan dan lebih efisien. Untuk sekarang ini, kata dia, baru e-pas dan e-parkir, dan mungkin tak lama lagi baru e-tiket dan lainnya.

“Kita bekerjasama dengan 4 bank, yakni BNI, BRI Mandiri dan BCA. Sekarang masyarakat sudah bisa menggunakan kartu e-money yang sudah disediakan dari 4 bank tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, secara nasional untuk pelabuhan laut yang menggunakan e-money (transaksi non tunai), baru di Kota Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, secara nasional untuk pelabuhan laut, baru Tanjungpinang menggunakan e-money. Dan ini diberlakukan baik pelabuhan domestik maupun internasional,” pungkasnya. (zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here