Beranda Headline

Batam Bintan Bebas Karantina, Buralimar Optimis Target 2 Juta Wisman Tercapai

0
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemerintah Provinsi Kepri menyambut, baik penerapan bebas karantina di Batam, Bintan dan Bali bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kepri, Buralimar, mengatakan, kebijakan itu tentunya menjadi angin segar bagi dunia pariwisata Kepri yang selama hampir dua tahun ini terpuruk karena pandemi Covid-19.

“Kita sangat sambut baiklah kebijakan ini. Ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi dunia pariwisata kita,” katanya, kepada hariankepri.com, Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut, Buralimar menyampaikan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 tahun 2022, setiap wisman yang datang ke Bali, Batam dan Bintan, dihari ketiga setelah kedatangan diwajibkan untuk melakukan tes swab PCR.

“Apabila hasilnya negatif, wisman kembali diperkenankan untuk melanjutkan aktivitasnya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya, Selasa (8/3/2022).

Dia juga menyampaikannya, dalam SE tersebut, Pemerintah juga kembali membuka pintu masuk kedatangan wisman di sejumlah pelabuhan dan bandara yang ada di Batam dan Bintan.

Seperti, Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Internasional Batam Center, Pelabuhan Bintan, dan Pelabuhan Internasional Tanjungpinang.

“Jadi mereka (wisman) sudah boleh datang berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan juga Batam,” jelasnya.

Dia melanjutkan, bila nantinya kebijakan bebas karantina tersebut sudah berjalan dan tanpa ada kendala, maka ia optimis target 2 juta kunjungan wisman ke Kepri yang telah ditetapkan pada tahun ini akan tercapai.

“Tahun 2022 ini kita proyeksinya 2 juta kunjungan wisman. Berarti kalau 2 juta, kita targetkan setiap triwulan (triwulan II – IV,red) sekitar 700 ribu wisman yang masuk. Kalau ini lancar, Insya Allah kita optimis tercapai,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyatakan, terhitung, Senin (7/3/2022) Pemerintah memutuskan memberlakukan kebijakan tanpa karantina bagi pelaku wisata mancanegara yang datang berkunjung ke Batam, Bintan, dan Bali.

“Per hari ini kebijakan tanpa karantina akan mulai diberlakukan di Batam, Bintan, dan Bali. Selain itu sesuai arahan Bapak Presiden Visa on Arrival juga mulai diimplementasikan kembali,” katanya, dalam Weekly Press Briefing yang dilansir dari akun Youtube Kemenparekraf, Selasa (8/3/2022).(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini