Beranda Daerah Anambas

Air Terjun Temburun, Pemandangan Alam yang Megah di Ujung Indonesia

0
Salah satu pengunjung berfoto dengan latar Air Terjun Temburun-f/istimewa-tempatwisata.pro

ANAMBAS (HAKA) – Berbicara keindahan alam di Kabupaten Anambas seolah tidak ada habisnya. Berada di daerah kepulauan, kabupaten terdepan Indonesia ini, menyimpan sejuta pesona wisata yang memesona.

Tidak hanya wisata bahari namun wisata alam pun ada di Anambas. Bagi traveler yang menyukai wisata alam, Air Terjun Temburun di Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan, Anambas, Provinsi Kepri bisa menjadi pilihan.

Air terjun ini memiliki keunikan. Yaitu terdapat tujuh tingkatan, dengan debit air yang selalu deras meski bukan saat musim hujan.

Pengunjung berfoto di puncak Air Terjun Temburun-f/istimewa-tempatwisata.pro

Selain keunikannya tadi, Air Terjun Temburun juga terletak di tengah hutan tropis bakau atau mangrove. Sehingga udaranya sangat sejuk dan segar. Meski berada di tengah hutan, namun akses menuju Air Terjun Temburun juga sangat mudah.

Traveler hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara menggunakan sepeda motor maupun mobil dari Tarempa.

Atau jika menggunakan kapal pompong, kurang lebih sejauh 4 kilometer dengan waktu tempuh selama 30 menit lamanya. Setelah selesai dan turun dari kapal pompong, traveler harus berjalan kaki sekitar 200 meter.

Pengunjung Air Terjun Temburun menikmati keindahan alam sekitar-f/istimewa-suhada

Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 250 meter dengan debit air yang sangat deras. Ketika sudah sampai pada tingkatan teratas atau tingkat ke tujuh air terjun, traveler akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat megah.

Bukit-bukit yang dialiri air terjun begitu hijau. Ditambah lagi hamparan laut biru yang luas, serta barisan pulau-pulau yang turut melengkapi, sanggup menyihir pandangan mata siapa saja yang memandang keindahan ini.

Dengan keindahan tersebut, tidak heran bila Air Terjun Temburun menjadi destinasi wisata favorit masyarakat.
Jika musim liburan, Air Terjun Temburun ini juga ramai dikunjungi wisatawan.

Pesona Air Terjun Temburun yang selalu ramai dikunjungi wisatawan-f/istimewa-librarian

Tidak hanya warga sekitar, tetapi dari luar Kepri bahkan dari luar negeri. Karena keindahannya juga, salah satu bank nasional, yakni BRI mengadakan program Tapal Batas dengan menjadikan Air Terjun Temburun sebagai salah satu destinasi pilihan progam tersebut.

Baca juga:  Kampong Teripang, Destinasi Wisata Berbasis Sumberdaya Bahari di Bintan

Plt Kepala Dinas Provinsi Kepri, Raja Hery Mohkrizal mengatakan, Air Terjun Temburun juga menjadi salah satu destinasi wisata Favorit di Kepri khususnya di Anambas.

Air Terjun Temburun juga ditetapkan Gubernur Ansar Ahmad, sebagai salah satu daya tarik wisata di Kepulauan Riau. Keberadaannya juga sudah tidak asing baik bagi warga sekitar ataupun wisatawan dari luar Kepri.

“Air Terjun ini memiliki ciri khas yang jarang ditemukan di tempat lain. Sebab air terjun ini memiliki kontur bebatuan berundak yang terdiri dari tujuh tingkat, yang membuatnya tampak begitu megah. Kemudian aliran airnya mengarah langsung ke lautan lepas,” pungkasnya. (arp)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini