Gubernur Disarankan Seleksi Ulang Dirut BUP

example banner

Share this:

Buana Februari

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pengamat kebijakan publik, Buana Fauzi menyarankan ke Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, untuk melakukan seleksi ulang pemilihan Dirut PT Pelabuhan Kepri, yang merupakan Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Loading...

Menurutnya, seleksi ulang tersebut perlu dilakukan untuk menuntaskan polemik penetapan Dirut PT Pelabuhan Kepri saat ini.

“Solusinya memang harus dilakukan seleksi ulang dan kalau gubernur meragukan kerja anak buahnya sendiri maka beliau dapat membentuk tim seleksi yang lebih netral,” ujarnya kemarin.

Selain melakukan selesi ulang, Buana juga menyarankan ke gubernur agar tim seleksi (timsel) yang terdahulu dapat membuka seluruh hasil tahapan seleksi yang telah dilakukan ke publik.

Hal ini dirasa perlu dilakukan agar, masyarakat bisa paham dengan persoalan yang terjad dalam proses seleksi tersebut.

“Perlu juga dilakukan audit investigasi terhadap kinerja timsel. Karena timsel menggunakan keuangan daerah dalam melaksanakan seleksi dan itu harus dipertanggung jawabkan,” sebutnya.

Buana menyebut, bila nantinya dari hasil investigasi itu ditemukan adanya indikasi kecurangan. Maka, seluruh rangkaian proses seleksi yang telah dilakukan tidak layak untuk digunakan.

Dan nantinya apabila gubernur memutuskan untuk melakukan seleksi ulang, ketiga kandidat sebelumnya juga disarankan untuk tidak lagi ikut dalam tahapan seleksi.

“Saran saya untuk gubernur, pemimpin itu bukan memimpin atas dasar kesenangan atau kepuasan pribadi, tapi lebih pada mengutamakan kepentingan rakyat. Sebaiknya hindari membuat kebijakan yang tak populis,” pungkasnya.(kar)

example banner
Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan