Beranda Headline

Rayakan Milad, Paguyuban Pasundan Gelar Lomba Kuliner Khas Sunda di Tanjungpinang

0
Executive Shef Muhammad Syukri sedang menilai masakan khas Sunda yang ditampilkan oleh peserta di Sekretariat Paguyuban Pasundan Tanjungpinang-f/istimewa-pengurus

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sekretariat Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka perayaan Milangkala atau hari jadi Paguyuban Pasundan Tanjungpinang yang ke 5 tahun 2022.

Di antara kegiatan Milangkala itu, kata Sekretaris Paguyuban Pasundan Tanjungpinang, Arief Gunawan, adalah lomba kuliner khas Sunda, yang diikuti oleh puluhan perempuan Pasundan.

Kegiatan kuliner ini, dibingkai secara sederhana dengan nuansa kekeluargaan. Lomba masak khas Sunda ini digelar di Sekretariat Pengurus Paguyuban Pasundan Jabar di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batu 8 Atas, Komplek Ruko Pinang Mas, Kota Tanjungpinang, Kepri, pada Minggu (20/2/2022).

Lomba kuliner itu, menurut Arief, dinilai oleh salah satu ahli tata boga dunia yakni, Executive Chef/Koki Muhammad Syukri.

“Dengan kriteria penilaian di antaranya, jenis masakan, cita rasa, teknik penyajian serta kerapian (bersih),” terangnya.

Arief menambahkan, bagi kelompok yang mendapatkan juara satu, dua dan tiga, mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan.

“Ini sebagai salah satu bentuk pembinaan,” imbuh Arief.

Di tempat yang sama, salah satu tokoh perempuan yang tergabung dalam Mojang Pasundan, Teh Eni Monic menambahkan, rutinitas kegiatan organisasi ini di antaranya pelatihan seni dan budaya. Seperti, seni tari Jaipong, Arumba, Calung, Angklung, Degung, serta Sisingan.

“Untuk meningkatkan rasa persaudaraan sesama orang Sunda agar solid dan kuat,” tutur Eni.

Untuk itu, Eni mengajak seluruh Keluarga Besar Pasundan di Kepri agar mendukung pelestarian budaya Sunda di daerah Kepri. “Mari kita bersama bergandeng tangan, membantu melestarikan budaya asli Nusantara,” pungkasnya. (rul/rilis)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini