Beranda Ragam Gallery

Peduli Pariwisata, Isdianto Pantau Pencemaran Limbah di Nirwana Lagoi

0

BINTAN (HAKA) – Sebagai bentuk kepedulian dunia pariwisata di Bintan, Plt Gubernur Kepri Isdianto, meninjau kondisi Pantai Nirwana dan Tempat Penampungan Sementara Limbah B3 di Lagoi, Bintan, Selasa (21/1/2020).

Turut dalam peninjauan ini, Danlantamal IV Arsyad Abdullah, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlanud Tanjungpinang Kolenel Pnb Andi Wijanarko, Group General Manager PT BRC Abdul Wahab dan OPD terkait Provinsi Kepri.

Isdianto pun mengecam keras tindakan pencemaran laut berupa limbah minyak hitam ini. Pasalnya, limbah ini menyebabkan kotor di beberapa titik pantai, khususnya pantai wisata di Kabupaten Bintan.

“Harus ada langkah konkret dari pemerintah pusat dan kementerian terkait, guna mencari jalan keluar untuk penindakan para pelaku pembuang limbah,” ujarnya.

Isdianto mengatakan, persoalan limbah ini adalah masalah yang selalu berulang setiap tahunnya, tapi tidak ada jalan keluarnya.

Pemerintah Daerah menurutnya, memiliki keterbatasan kewenangan dalam menangani permasalahan itu, sebab menyangkut perairan Operational Port Limited (OPL) atau perairan internasional yang berbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Singapura.

“Kami saat ini hanya bisa mendata, melaporkan pencemaran, berikut kerugian yang diakibatkan oleh limbah ini kepada Kementerian terkait. Untuk pencegahan dan penindakan, butuh keterlibatan pusat,” jelasnya. (red)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here