Beranda Headline

Kondisi Covid Mengkhawatirkan, Rudi Sarankan Pemerintah Lakukan PPKM Darurat

0
Warga Kota Tanjungpinang saat menjalani tes swab di RSUD Raja Ahmad Tabib beberapa waktu yang lalu-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kondisi penambahan positif Covid-19 secara nasional makin mengkhawatirkan, termasuk di Kepri yang penambahan kasus aktifnya mencapai ratusan orang.

“Pemerintah pusat hingga daerah harus tarik rem emergency. Ini makin mengkhawatirkan kondisi penyebaran Covid-19,” ucap Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua kepada hariankepri.com, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, pemerintah harus mengambil langkah tegas. Misalnya dengan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, dan bukan PPKM skala mikro saja.

“Fakta penularan, dan meningkatnya tingkat isian rumah sakit dan tempat karantina, adalah bukti kita harus tarik rem darurat,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, PPKM darurat yang ia maksud adalah memperketat lalu lintas masyarakat, dengan menerapkan syarat sertifikat vaksin dan hasil swab PCR untuk yang berangkat bepergian.

“Lalu untuk rumah makan atau kedai kopi ditutup, dan hanya menerima pembelian take away,” sarannya.

Selain itu kata Rudi, untuk semua tempat ibadah yang berada di zona merah Covid, mengikuti ketentuan dari kementerian, yakni ditutup sementara atau menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Sebenarnya ini juga sudah sejak jauh-jauh hari diterbitkan oleh pusat, sayangnya tidak dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.

Dalam data yang dirilis Satgas Penanganan Covid Provinsi Kepri, hingga 28 Juni 2021, total konfirmasi positif se-Provinsi Kepulauan Riau 25.023 orang, dengan kasus aktif 3.538 orang. (fik)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here