Beranda Daerah Batam

Evaluasi Penanganan Fakir Miskin, Dinsos Gelar Rakor dengan Kabupaten Kota se-Kepri

0
Sekretaris Dinsos Kepri, Dwi Cori Andayani saat membuka Rakor Penanganan Fakir Miskin di Batam-f/istimewa-dinsos kepri

BATAM (HAKA) – Dalam rangka mewujudkan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektifitas program penanganan fakir miskin, Dinas Sosial Provinsi Kepri, melaksanakan Rapat Kerja (Rakor) program penanganan fakir miskin.

Rakor yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kepri, Dwi Cori Andayani ini, berlangsung selama 3 hari dari 27 hingga 29 Oktober 2021 di Batam.

“Rakor ini untuk menjamin keberlangsungan dan kelancaran program. Untuk itu mari kita saling berkoordinasi, melakukan monitoring dan evaluasi agar program tersebut dapat berjalan dengan baik, dan tepat sasaran,” pesannya saat membuka rakor.

Pada kesempatan itu, Dwi Cori mengucapkan terimakasih kepada, para Korda dan para pendamping, yang sudah bekerja dengan maksimal dalam pemutakhiran serta perbaikan data DTKS.

“Termasuk melakukan pengawasan penyaluran BPNT, dan pengawasan BST di wilayah kabupaten/kota masing-masing,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kepri, Yeni Ardianti menambahkan, bahwa di tengah pandemi, pemerintah memberikan bantuan bagi keluarga miskin dan rentan miskin, yang terdampak Covid-19 berupa Bantuan Sosial Tunai (BST).

Ia menjelaskan, program ini merupakan jaringan pengaman sosial yang penyalurannya, melalui kantor Pos sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Pada tahun ini, sambung Yeni, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk program BST selama 6 bulan, terhitung mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni.

Selanjutnya disambung bantuan sosial BPNT PPKM darurat, yang disalurkan selama 6 bulan terhitung mulai bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2021.

Yeni pun mengajak para peserta rakor yang terdiri para kabid, kasi bidang Fakir Miskin Dinsos Kabupaten dan Kota, korda dan pendamping se-Provinsi Kepri untuk melakukan koordinasi dan evaluasi.

“Mari kita jadikan Rakor ini sebagai momentum untuk melakukan koordinasi dan evaluasi atas permasalahan yang terjadi dalam program penanganan fakir miskin saat ini,” ajaknya.

Rakor menghadirkan narasumber pusat yaitu dari Direktorat PFM Wilayah I Kemensos RI, Bank HIMBARA Jakarta. Sedangkan untuk narasumber daerah yaitu Kepala Dinas Sosial Kepri, Doli Boniara, Dinas Pemdes Dukcapil Kepri, Himbara dan perwakilan BPKP. (arp)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here