Beranda Headline

483 Usaha Tersertifikasi CHSE, Kepri Siap Menyambut Kebangkitan Pariwisata

0
Agrowisata Persawahan Poyotomo, salah satu destinasi wisata di Bintan, Kepri yang telah memiliki sertifikat CHSE – f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety, and Environmentally Suistainability), adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya.

“Tujuannya, untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan,” terang Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar.

Ia mengatakan, CHSE kini menjadi standar baru industri pariwisata, di tengah pandemi Covid-19. Penerapan program ini adalah, dengan melakukan sertifikasi CHSE untuk para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Termasuk di antaranya adalah usaha pariwisata meliputi jasa transportasi wisata, hotel, homestay, rumah makan, restoran, hingga Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE),” sebutnya.

Kemudian, sambung Buralimar, fasilitas lain yang terkait meliputi pusat informasi wisata, tempat penjualan oleh-oleh dan cinderamata, toilet umum, dan usaha atau fasilitas lain yang terkait pariwisata.

Ia menerangkan, sertifikasi ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Dimensi sertifikasi CHSE, terdiri dari Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

“Tiga kriteria yang perlu dipenuhi adalah manajemen atau tata kelola, kesiapan karyawan, serta partisipasi pengunjung,” terangnya.

Bagi pengelola pariwisata yang ingin memperoleh sertifikat CHSE, sambung Burimar, yakni dengan mendaftar melalui website chse.kemenparekraf.go.id dan ikuti langkah-langkah yang ada dilink tersebut.

Ia pun optimis Kepri telah siap untuk menyambut kebangkitan pariwisata ditengah pandemi, apalagi dengan terus meningkatnya kepedulian para pelaku pariwisata akan standar baru CHSE ini.

Dilansir dari website chse.kemenparekraf.go.id pada Sabtu (18/6/2022), tercatat ada 483 Usaha tersertifikasi di Kepri. Terdiri dari berbagai jenis bidang usaha seperti hotel, penginapan, homestay, lokasi wisata, lokasi olahraga, golf, rumah makan. (kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini