Pengunjung Sepi, 2 Toko Matahari Dept Store Tutup

Gerai Matahari Dept Store

JAKARTA – Dua gerai Matahari di Pasar Raya Manggarai dan Pasar Raya Blok M akhir bulan ini tidak lagi beroperasi. Pengunjung sepi menjadi alasan kedua gerai tersebut gulung tikar.

Namun, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) selaku pengelola menjamin tidak ada pemecatan atas keputusan tersebut. Para karyawan akan dipindahkan ke gerai Matahari lainnya.

“Iya betul, (semua) akan dipindahkan,” kata Corporate Secretary & Legal Director LPPF Miranti Hadisusilo kepada detikFinance, Senin (18/9/2017).

Miranti mengaku tidak tahu pasti berapa total karyawan yang ada di dua gerai tersebut. Akan tetapi rata-rata karyawan untuk satu gerai Matahari sekitar 300-400 orang.

Dia pun menegaskan, bahwa perseroan tidak ada rencana lagi untuk melakukan penutupan gerai dalam waktu dekat. Sehingga tidak ada rencana pengurangan karyawan.

“Hanya dua itu saja,” imbuhnya.

Miranti juga menegaskan, untuk cabang lainnya masih dalam keadaan sehat dan mampu meraup penjualan yang positif. Hingga akhir Juni Matahari mengantongi penjualan kotor sebesar Rp 10,02 triliun dari jumlah toko sebanyak 156 cabang yang ada. Angka itu meningkat 10,9% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

LPPF juga masih bisa mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 15,6% dari Rp 1,15 triliun di semester I-2016 menjadi Rp 1,33 triliun.

Sekadar informasi, Matahari di Pasar Raya Manggarai merupakan cabang ke 137. Luas wilayahnya mencapai 8.200 meter persegi. Sementara untuk cabang Pasar Raya Blok M merupakan cabang ke 138 dengan luas lahan 12.400 meter persegi.

Keduanya beroperasi pada pertengahan 2015. Adapun dana yang digelontorkan perseroan untuk membuka 1 cabang di tahun itu sekitar Rp 30-40 miliar tergantung dari luas lahan. (detik.com)

Tinggalkan Balasan