Dinsos Kepri Tuan Rumah Rakor Sinkronisasi Se-Sumatera

banner 1140x147

Kadissos Kepri Doli Boniara saat mengikuti rakor Sinkronisasi Program Penguatan SDM dan Kelembagaan, Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

BATAM (HAKA) – Dinas Sosial (Dinsos) se-Sumatera termasuk Dinsos Kepri, mengikuti Rakor Sinkronisasi Program Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kelembagaan, Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Selasa (10/4/2018) di Hotel Harmoni One, Batam.

Sekretaris Dinsos Kepri, Endang Suhara mengatakan, Dinsos Kepri adalah tuan rumah dalam kegiatan yang dilaksanakan Kemensos RI tersebut. Dalam Rakor itu membahas SDM di bidang kesejahteraan sosial dan kelembagaan.

“Kegiatan ini sangat penting, karena SDM kita sangat kurang,” katanya, Rabu (11/4/2018).

Dalam Undang-undang no 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mengamanatkan ke Pemerintah Provinsi tentang adanya rehabilitasi Panti Sosial (Pansos). Rehabilitasi Pansos ini memerlukan SDM yang terampil di bidang tersebut.

Pansos itu sendiri nantinya, harus disertifikasi dan diakreditasi dari kementerian. Untuk saat ini, kata Endang, Dinsos Kepri sedang membentuk Pansos serta kelembagaanya.

Nah, permasalahannya sekarang ini, sambung dia, SDM yang dibutuhkan itu belum ada. Yang dibutuhkan itu tenaga pekerja fungsional berupa pekerja sosial dan penyuluh sosial.

“Sekarang ini baru ada satu yaitu penyuluh sosial saja saja, sementara pekerja sosial nya belum ada,” paparnya.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan kepada BKD Kepri agar bisa menambahkan formasi tenaga pekerja sosial fungsional yang dibutuhkan dinsos tersebut melalui rekrutmen CPNS nanti

“Tenaga pekerja fungsional itu dibutuhkan sekurang-kurangnya 6 orang, dan itu nantinya akan ditugaskan di pansos yang akan disediakan,” sebutnya.

Ia menambahkan, kegunaan Pansos itu salah satunya untuk menangani masalah anak telantar, anak berhadapan hukum dan yang lainnya.

“Kalau anak itu bermasalah dengan keluarga atau tidak mempunyai keluarga, maka harus dimasukan ke Pansos. Pansos itu nanti, juga bukan hanya untuk anak saja, tapi untuk Pansos lansia juga, ” tukasnya. (zul)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan