Beranda Daerah Anambas

Di Anambas Sudah Bisa Operasi Ceasar

0
Rumah Sakit Bergerak Letung

ANAMBAS (HAKA)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan, untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Anambas memaksimalkan rumah sakit daerah di Tarempa, termasuk rumah sakit lapangan yang ada di Palmatak. Rumah sakit tersebut, saat ini sudah bisa melayani pasien yang akan melahirkan secara ceasar.

“Peralatan untuk operasi sudah kami perbaiki, dan bisa digunakan lagi. Jadi kalau ada yang melahirkan operasi ceasar tidak perlu lagi dirujuk ke luar daerah,” terang Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP & KD) Kabupaten Anambas Herianto.

Selain itu, ia menyampaikan, pemerintah daerah tengah menggesa pengoperasian Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) yang ada di Tarempa. Disamping mengurus perizinan ke pusat, pemda juga menggesa pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RSUD Tarempa. IPAL adalah syarat utama untuk mengoperasikan RSUD.

“Pembangunan IPAL juga mengakibatkan penghapusan aset, berupa rumah dinas yang harus dirobohkan demi pembangunan IPAL,” paparnya.

Pembangunan IPAL merupakan salah satu persyaratan penting untuk beroperasinya RSUD. Ketersediaan ruang radiologi, ruang laboratorium, ruang penyimpanan jenazah dan beberapa ruang lainnya juga belum ada.

“Kita berupaya tidak merujuk pasien berobat ke luar daerah, terkecuali sifatnya sudah darurat,” imbuhnya. (fri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here