Pemko Ikut Resmikan SWRO Batu Hitam

example banner

Share this:

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam, penyulingan air laut menjadi air minum resmi beroperasi. Peresmian dilakukan langsung di Gedung Operasional, SWRO Batu Hitam, Selasa (3/4/2018).

Loading...

Kepala Dinas Perkim Provinsi Kepri, Heru Sukmoro menyampaikan SWRO ini sudah selesai dibangun sejak beberapa tahun lalu. Proyek Satker Kementrian PU ini menelan biaya pembanguan Rp97 miliar melalui dana APBN. Proyek ini didesain untuk bisa mengatasi kebutuhan 4000 pelanggan dengan kapasitas 50 liter per detik.

“SWRO ini merupakan dambaan, impian serta harapan besar buat masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir khususnya dan masyarakat Kota Tanjungpinang umumnya. Karena SWRO merupakan sumber air bersih akan di konsumsi masyarakat tersebut di rumahnya,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono menyampaikan rasa bangga dan bahagia dengan dioperasikannya SWRO ini untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan air minum.

“Dengan hadirnya SWRO ini diharapkan untuk memenuhi kebutuhan air minum untuk masyarakat. Pendistribusiannya lebih dikhususkan untuk masyarakat pesisir atau pelantar yang aksesbilitas dan keterjangkauan ketersediaan air minum yang layak konsumsi cukup terkendala permasalahan teknis,” terang Riono.

SWRO yang telah dimulai dari tahun 2013 sampai 2015 ini akan dikelola oleh Pemko Tanjungpinang melalui UPTD Air Minum yang melayani 2.825 unit sambungan rumah tangga yang tersebar di zona pelayanan RO yang terbagi atas 3 zona yakni Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Bukit Bestari.

Untuk pelanggan Rumah Tangga perbulannya Rp 15.500, pelanggan Niaga dan instansi pemerintah Rp 25.000, pelanggan sosial Rp 12.000 dan pelanggan industri Rp 31.000. Sedangkan pemasangan baru untuk Rumah Tangga Rp 700.000, sosial Rp 500.000, Niaga dan instansi pemerintah Rp 1.250.000 dan industri Rp 1.500.000.

“Jadi bagi masyarakat yang ingin daftar pemasangan baru silahkan datang ke SWRO karena disini juga dilengkapi dengan Kantor Sementara. Target kita bisa melayani hingga 5.000 pelanggan setelah soft laucing ini,” jelasnya.

Acara Soft Launching SWRO Batu Hitam ini dihadiri oleh FKPD Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Pimpinan OPD Kota Tanjungpinang, Direktur PDAM Tirta Kepri dan pelanggan yang telah mengkonsumsi SWRO. Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kadis Perkim Kepri, Sekda Kota Tanjungpinang dan tamu undangan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba langsung meminum air hasil penyulingan air laut melalui SWRO serta meninjau lokasi mesin produksi SWRO. (red)

 

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan