Beranda Daerah Natuna

Natuna Layak Dimekarkan Jadi 3 Kabupaten

0
Pesona Alam di Natuna seperti surga tropis, sayang pengelolaannya masih sambil lalu. Pemekaran diyakini bisa mengoptimalkan potensi Natuna

RANAI (HAKA) – Wan Sofyan, anggota DPRD Natuna, mengatakan pemekaran Kabupaten Natuna sudah waktunya dilakukan. Menurutnya pemekaran (pembentukan kabupaten baru) diperlukan untuk menggesa pembangunan di wilayah ini yang wilayahnya terpencar di beberapa gugus kepulauan yang jauh dari Ranai, Natuna.

Jauhnya wilayah tersebut membuat jauhnya rentang kendali pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan banyak kendalanya. Dalam setahun ada beberapa bulan wilayah-wilayah tersebut tidak bisa ditempuh. Karena kondisi cuaca Laut China Selatan yang ekstrem itu

sebabnya, Wan, menilai Natuna tak cukup dimekarkan menjadi dua kabupaten. Dalam pandangannya, Natuna idealnya dimekarkan menjadi tiga kabupaten. Tidak dijelaskannya dari mana sumber daya untuk membiayai pemerintahan dan pembangunan, jika dimekarkan hingga tiga kabupaten.

Wan hanya mengatakan, Natuna kaya dengan sumber daya alam. Salah satu yang diandalkan adalah sumber daya migas, yang kini bagi hasilnya tidak jelas penghitungannya. Selain migas, sumber daya perairan Natuna juga dinilainya kaya. (fer)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here