Beranda Daerah Anambas

Mau Pinjam Dana Bunga 3 Persen? Ini Syaratnya

0
Para pelaku usaha kecil menengah

ANAMBAS (HAKA) –  Kabar gembira bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Anambas. Tahun 2017 ini Pemkab menyediakan dana Rp 500 juta, untuk pinjaman bergulir dan dengan bunga hanya 3 persen.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan pinjaman berbunga kecil itu? Ini caranya! Pengusaha calon peminjam kredit harus menyerahkan agunan yang nilainya lebih dari uang yang dipinjam. Kemudian, harus dapat menunjukkan bentuk usahanya.

Setelah semua syarat cukup selanjutnya akan dilakukan survei lapangan oleh Pemkab melalui dinas terkait.

Usman, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Kepulauan Anambas, mengatakan walau jumlah dana bergulir yang disediakan hanya setengah miliar. Namun, angka tersebut dihitung sudah cukup untuk membantu usahawan mikro kecil dan menengah yang membutuhkan suntikan modal.

Penilaian cukup karena usahawan di Anambas umumnya memerlukan pinjaman suntikan modal di angka puluhan juta rupiah. “Diperkirakan sudah mencakup banyak pengusaha,” imbuhnya.

Dana bergulir berbunga rendah di Anambas sesungguhnya masih menyisakan masalah. Pasalnya, ada sekitar Rp 12 milliar yang masih tersangkut di tangan kreditur atau peminjam. Dana sebesar itu digulirkan saat Anambas masih berbentuk kecamatan dan berada di bawah pemerintahan Kabupaten Anambas.

Pinjaman bernilai besar itu sebagian besarnya masih macet di tangan peminjam. Apalagi ada di antara mereka yang enggan mengembalikan pinjaman itu. Meskipun, agunan yang diajukan saat akan meminjam ada di tangan pemerintah.

“Nasabah banyak yang belum mengembalikan uang. Bahkan ada yang sudah tidak mau bayar lagi,” jelas Usman menjawab pertanyaan soal itu. (sna)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here