Beranda Ragam Gallery

YKI Kepri Gelar Tes IVA dan SADANIS Gratis

0

BATAM (HAKA) – YKI Cabang Kepulauan Riau Kembali menggelar Baksos dalam pencegahan Kanker Serviks dan Payudara. Acara digelar Sabtu (25/11/2017) di Batam. Dalam Baksos tersebut hadir Ketua YKI Cabang Kepulauan Riau, Hj. Noor Lizah Nurdin Basirun. Dalam sambutannya beliau berpesan agar kita selalu waspada atas perkembangan penyakit kanker dan segera lakukan pemeriksaan dini.

Dalam baksos tersebut dilakukan pemeriksaan Kanker Serviks dengan metode tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)  yaitu Pemeriksaan visual serviks ini mencakup kombinasi sitologi serviks dan human papillomavirus (HPV). Pemeriksaan ini walaupun spesifitasnya terbatas, namun bersifat ekonomis dan memberikan hasil yang segera.

Inspeksi visual dapat dilakukan dengan sampel sel dari leher rahim (serviks), asam asetat (VIA) dan yodium lugol (VILI). Prosedur ini juga disebut sebagai inspeksi visual dengan acetic acid (VIA) atau inspeksi visual dengan VILI dan hanya butuh waktu kurang dari 30 menit.

Test SADANIS dilakukan untuk pemeriksaan Kanker Payudara yaitu Pemeriksaan Payudara Klinis. Sadanis dilalukan dengan USG dan mamografi untuk melihat apakah ada pertumbuhan abnormal yang berisiko lebih jelas. Sadanis bisa mulai dilakukan setelah perempuan haid, ketika masih sehat. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here