Beranda Headline

Wakil Ketua DPRD Kepri Resmikan Pengoperasian PLTS di Karimun

0
Wakil Ketua DPRD Kepri, Rizki Faisal bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq saat diwawancarai wartawan usai acara-f/iyan-hariankepri.com

KARIMUN (HAKA) – PT Karimun Power Plant (KPP) telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan Parit Rampak, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Seremoni pembangunan ini ditandai dengan ground breaking, pada Rabu (7/2/2024), yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Kepri, Rizki Faisal dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap PT KPP, karena kehadirannya ini dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk industri di zona dua.

“Dengan adanya PT KPP ini, dapat menyuplai listrik untuk industri dengan harapan semakin banyak investor yang masuk berinvestasi di Karimun,” ucap Aunur Rafiq.

Sementara itu, owner PT KPP yang juga Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri, Rizki Faisal mengatakan, pembangunan PLTS ini sebagai kontribusi pada kelestarian lingkungan, serta merupakan bentuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi emisi karbon.

“Semoga dengan adanya pembangunan PLTS ini, investor tertarik dengan Karimun,” ujarnya.

Rizki mengatakan, apabila semakin banyak investor yang masuk, tentunya masyarakat akan mendapatkan pekerjaan yang layak dan terjadi peningkatan ekonomi yang lebih baik lagi.

Masih di tempat yang sama, pengawas project, Wawan menjelaskan untuk tahap awal ini telah dibangun panel PLTS di atas lahan seluas 1 hektar yang menghasilkan daya listrik 1 megawatt (MW) denganĀ  investasi dana sekitar Rp 1,1 triliun.

Lanjutnya, untuk target PT KPP akan menyediakan pasokan listrik hingga 10 megawatt hingga akhir tahun 2024. Untuk penambahan daya lahan yang akan digarap sekitar 18,5 hektare.

“Tahap awal ini 1 MW, dan telah ada perusahaan yang menjajaki untuk suplai listrik dari PT KPP. Selain bersumber dari tenaga surya, juga akan menghasilkan listrik dari biomassa,” ucap Wawan. (yan)

Baca juga:  Berniat Lindungi KPPS dengan BPJS, Hasan: Tunggakan Mereka Rp 1 Miliar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini