Beranda Headline

Untuk Kedua Kalinya, Rahma Bawa Pemko Peringkat 5 se-Indonesia Realisasi Belanja

0
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma-f/istimewa-prokopim

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemko Tanjungpinang, berhasil meraih peringkat 5 tingkat kota se-Indonesia, untuk persentase realisasi belanja tertinggi, pada APBD tahun anggaran 2022.

Capaian tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) secara daring bersama gubernur, bupati/wali kota, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin (5/12/2022) kemarin.

Adapun lima kota dengan realisasi belanja tertinggi, yakni Kota Sukabumi 81 persen, Prabumulih 81 persen, Metro 77 persen, Pekanbaru 77,65 persen, dan Tanjungpinang 76 persen.

Sedangkan lima kota dengan realisasi belanja terendah yaitu, Kota Makassar 50 persen, Pematang Siantar 54 persen, Pare-Pare 56 persen, Balikpapan 56 persen, dan Kediri 57 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Kapolri itu mengapresiasi pemerintah daerah yang berhasil mencatatkan angka realisasi belanja yang cukup tinggi

“Saya meminta pemda yang realisasi belanjanya rendah agar meningkatkan kinerjanya,” katanya.

Seperti diketahui, prestasi yang diraih Pemko Tanjungpinang ini adalah yang kedua kalinya, setelah pada tahuntahun 2021 lalu, pemerintahan yang dipimpin Rahma ini, juga berhasil masuk 5 besar untuk realisasi belanja.

Saat itu, pada Senin (22/11/2021), Mendagri Tito Karnavian mengumumkan 10 kota dengan realisasi belanja tertinggi, yakni Ternate, Sukabumi, Metro, Kotamobagu, Tanjungpinang, Banda Aceh, Bima, Tidore Kepulauan, Batam, dan Mataram.

“Percepatan realisasi belanja itu juga berkaitan dengan target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan tumbuh sebesar 5 persen pada akhir 2021,” ucap Tito.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengaku bersyukur, karena Pemko Tanjungpinang, tahun ini kembali masuk lima besar nasional, untuk relisasi belanja.

Ia menegaskan, hal ini dapat dilakukan berkat kesungguhan jajaran Pemko Tanjungpinang, dalam menuntaskan berbagai macam kegiatan yang ada di OPD masing-masing.

Baca juga:  Jaga Silaturahmi, Forum RT RW Family Gathering Bareng Wali Kota Rahma di Trikora

“Memang saya maunya semua OPD itu harus bergerak cepat terkait menjalankan program-program ataupun kegiatan yang sudah disusun,” ucapnya.

Kendati demikian, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemko, dan seuruh elemen masyarakat yang sudah mendukung atas kebijakan dan program yang dijalankan Pemko Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, ini sebagai wujud komitmen Pemko Tanjungpinang untuk terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” tukasnya.(zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini