Beranda Headline

SD di Tanjungpinang Sebut, Proses PPDB Jalur Afirmasi Berjalan Lancar

0
Suasana di SDN 015 Tanjungpinang Timur-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), untuk tingkat SD di bawah naungan Pemko Tanjungpinang berjalan lancar.

Hal ini ditegaskan, Ketua PPDB Sekolah Dasar (SD) 015, Tanjungpinang Timur, Anggraini. Ia menyebutkan, PPDB untuk jalur afirmasi yang dibuka lebih awal telah selesai dilakukan.

“Alhamdulillah sampai selesai berjalan lancar tidak ada kendala,” katanya, saat ditemui di SD 015, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jumat (23/6/2023).

Ia menyebut, jalur afirmasi ini telah dimulai pada 21 Juni 2023 hingga 22 Juni 2023 kemarin. Hanya saja, saat proses pendaftaran berlangsung, ada beberapa orang tua atau wali murid, yang kurang memahami mendaftar secara online.

“Tapi kami sudah arahkan, jika tidak paham akan kami bantu di sekolah,” sebutnya.

Anggraini menegaskan, jalur afirmasi dengan kuota 15 persen ini, untuk peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Salah satu syaratnya terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

“Afirmasi ini hampir sama dengan zonasi. Namun, warga yang kurang mampu yang bertempat tinggal terdekat didahulukan. Alhamdulillah terakomodir semua,” sebutnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, setelah jalur afirmasi berlangsung, maka dilanjutkan dengan jalur zonasi yang dimulai 3 Juli 2023 hingga 5 Juli 2023 mendatang.

“Di SD hanya jalur afirmasi dan zonasi saja, prestasi tidak ada,” terangnya.

Rina, salah satu orang tua murid tingkat SD yang sudah mendaftarkan anaknya, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Tanjungpinang, dan dinas pendidikan.

Karena kata dia, Pemko Tanjungpinang sudah membuka jalur afirmasi lebih awal dibandingkan jalur zonasi. “Bagi saya, ini sangat bagus, dan proses mendaftar sangat gampang,” tuturnya.

Menurutnya, jika zonasi dibuka lebih dulu, ia merasa sedikit ragu, terhadap anaknya tidak masuk saat mendaftar ke sekolah yang diinginkan.

Baca juga:  Ragu dengan Kekuatan Bangunan, PUPR Terbitkan Rekom Pembongkaran Tower

“Anak saya ada juga yang masuk SMP jalur afirmasi, alhamdulillah sudah diterima,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Endang Susilawati mengatakan, PPBD jalur afirmasi yang dibuka lebih awal itu untuk mengakomodir terlebih dahulu bagi keluarga yang tidak mampu.

Namun demikian, ia berharap, agar saat mendaftar orang tua dan wali murid tidak menggunakan perantara.

“Kalau kurang jelas hubungi nomor 0812 6172 1115, guna mendapatkan informasi yang jelas,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, PPDB dibuka melalui 4 jalur, yakni afirmasi, prestasi, zonasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Untuk jalur prestasi (SMP) dibuka mulai tanggal 26 Juni hingga 27 Juni 2023 mendatang. Sedangkan untuk jalur zonasi dan perpindahan orang tua, akan dibuka pada 3 Juli hingga 5 Juli 2023 mendatang.(zul)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini