Beranda Headline

Rahma Jabarkan Strategi Ekonomi di Masa Pandemi, Redaktur Tempo: Sangat Bagus

0
Diskusi online bareng Tempo yang diikuti oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Gubernur Sulut, Gubernur Bali dan Staf Ahli Kemendagri Suhajar Diantoro-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Redaktur Tempo, Ali Nur Yasin menilai, inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma sangat bagus, dalam membangkitkan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Hal itu diutarakan Ali Nur Yasin, saat menjadi moderator Ngobrol Diskusi Online Tempo bersama kepala daerah lainnya, Senin (16/8/2021) melalui virtual.

Saat itu, Ali Nur Yasin mempertanyakan strategi Rahma mengenai perekonomian, khususnya yang cocok digunakan di daerah Tanjungpinang, di masa pandemi Covid-19 ini.

Pada kesempatan itu, Rahma menjawab beberapa aitem strategi, agar perekonomian tetap bisa tumbuh.

Untuk ekonomi mikro, pemerintah kota memberikan bantuan-bantuan kepada UMKM, baik itu bantuan sarana untuk jualan, maupun bantuan bahan pangan kepada para pedagang.

“APBD kita kecil, tidak sampai Rp 1 triliun. Ada beberapa sektor yang kami maksimalkan, untuk membantu UMKM maupun pelaku usaha lainnya,” jelasnya.

Di Pemko Tanjungpinang juga ada Perwako yang mengatur mengenai zakat ASN. Zakat inilah yang digunakan, untuk memberikan bantuan kepada seluruh warga, yang masuk dalam kategori.

“Ada yang kami salurkan dalam bentuk bahan pangan, rehab rumah, bantu di sektor kesehatan maupun pendidikan,” jelasnya.

Ia meyebutkan, di Kota Tanjungpinang juga akan membuka lapangan kerja, yang bekerjasama dengan investor Perakitan Houvering (pesawat apung) di wilayah Dompak.

“Investasi ini diproyeksikan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 500 orang di tahun pertama dan 1000 orang di tahap berikutnya,” sebutnya.

Lalu lanjut Rahma mengatakan, Pemko Tanjungpinang, saat ini juga sedang proses pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP), dalam memudahkan segala proses perizinan, dengan tepat waktu.

“Kami rencanakan peresmiannya direncanakan April 2022 mendatang,” jelasnya.

Selesai jawaban tersebut, Ali Nur Yasin menutup pertanyaan ke Rahma sambil menyampaikan, bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan Rahma sangat bagus.

“Terimakasih Ibu Rahma, inovasinya sangat bagus sekali,” kata Ali Nur Yasin melalui diskusi online.

Diketahui, pada diskusi online yang digelar Media Tempo tersebut diikuti oleh Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Bali, Wali Kota Rahma, Bupati Pandeglang (mewakili) dan turut dihadiri oleh Suhajar Diantoro perwakilan Mendagri.(zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here