Beranda Headline

PPDB akan Segera Dibuka, Disdik Tanjungpinang Dahulukan Jalur Afirmasi

0
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Saparilis-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Saparilis mengatakan, Pemko Tanjungpinang, akan segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada akhir Juni 2023 mendatang, secara online.

Kendati masih sebulan lagi, pihaknya sudah mulai melakukan berbagai tahapan, menjelang pembukaan PPDB tahun ajaran baru 2023-2024 tersebut.

Saparilis menyebutkan, adapun tahapan yang dilakukan, yakni, sosialisasi tentang PPDB kepada seluruh kepala sekolah TK, SD dan SMP se-Tanjungpinang.

Termasuk juga sosialisasi ke seluruh lurah dan camat se-Tanjungpinang, untuk diteruskan informasi ini ke masyarakat, bahwa PPDB akan dilakukan dengan 4 tahap atau jalur.

“4 tahap itu yakni, jalur afirmasi, prestasi, zonasi dan perpindahan orang tua. Kita mulai buka PPDB akhir Juni 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023,” kata Saparilis, Rabu (24/5/2023).

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan, agar seluruh elemen masyarakat Tanjungpinang, bisa mengetahui lebih awal sebelum sistem PPDB tersebut dibuka.

Apalagi, kata Saprilis, tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya jalur prestasi dibuka lebih awal, untuk tahun ini didahulukan jalur afirmasi.

“Bedanya itu aja, karena sekarang kita mengutamakan pendaftaran orang yang kurang mampu (afirmasi) terlebih dahulu,” terangnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, 4 jalur yang akan dibuka tersebut, ada kuotanya masing-masing. Afirmasi 15 persen, 10 persen jalur prestasi, 5 persen perpindahan orang tua dan sisanya jalur zonasi.

“Untuk jalur zonasi tingkat SD sebesar 80 persen, sedangkan SMP sebesar 70 persen,” ucapnya.

Ia pun berharap, jika PPDB nanti sudah dibuka bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pihaknya juga sudah menyiapkan jaringan internet semaksimal mungkin, agar tidak ada kendala dalam proses pendaftaran.

“Alhamdulillah tahun lalu tidak ada kendala, saya harap tahun ini juga berjalan lancar,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Vaksin Booster di Tanjungpinang Sudah Dimulai, Syarat 6 Bulan Setelah yang Kedua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini