Beranda Daerah Bintan

Peringatan Hari Nusantara 2023, Ansar Bagi Bantuan untuk Nelayan di Bintan

0
Gubernur Ansar Ahmad menyaksikan Ketua PKK Kepri, Dewi Kumasalari menyerahkan bantuan kepada nelayan Kabupaten Bintan di Pantai Trikora 3, Malang Rapat, Kabupaten Bintan, Minggu (16/12/2023)-f/zulfikar-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Gubernur Ansar Ahmad bersama Ketua PKK Kepri, Dewi Kumalasari, menyerahkan bantuan kepada para nelayan di Kabupaten Bintan, Minggu (17/12/2023).

Penyerahan bantuan tersebut dalam kegiatan Temu Nelayan dan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2023, yang berlangsung di Pantai Trikora 3, Malang Rapat, Kabupaten Bintan.

Ansar mengatakan, Peringatan Hari Nusantara bertujuan untuk mengenang deklarasi Juanda yang dideklarasikan pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi itu untuk menetapkan batas-batas laut kedaulatan Indonesia.

“Bagi kita ini penting dan patut bersyukur karena Allah anugerahkan Kepri sebagai provinsi kepulauan,” katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini menekankan kepada semua pihak untuk menjaga kedaulatan Indonesia baik sisi kontinental maupun batas wilayah laut.

“Kita harus memanfaatkan potensi laut kita dengan baik dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri, Said Sudrajat menambahkan, adapun bantuan yang diberikan kepada nelayan Bintan terdiri dari kawat bubu sebanyak 50 gulung, bubu ketam 900 buah, jaring udang 100 buah, cooler box 20 unit, dan jaring tangsi ukuran 2 inchi sebanyak 202 ball.

“Bantuan tersebut anggaran mencapai Rp 321 juta dari total Rp 1,8 miliar yang dianggarkan untuk bantuan bagi seluruh nelayan di Kepri,” jelasnya.

Selain bantuan tersebut lanjut, Said, ada juga penyerahan bantuan berupa jaring keramba PE sebanyak 44 unit dengan anggaran Rp 187 juta, bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada Nelayan Tahun 2023 untuk 3 ribu peserta di Kabupaten Bintan dengan anggaran Rp 604,8 juta.

Kemudian, bantuan 2 unit speedboat pengawas untuk operasional Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Batam dan Kabupaten Natuna dengan Spesifikasi Panjang 10 meter, mesin 400 PK, dengan anggaran Rp 2,7 miliar.

Baca juga:  Bantu Korban Terdampak Corona, Pusat Pakai BLT, Pemprov Kepri Pilih Sembako

Kegiatan Temu Nelayan dan Hari Nusantara tersebut, disejalankan dengan peresmian Gedung Pusat Informasi Kawasan Konservasi.

Selain itu, ada juga penyerahan bantuan penyediaan kebutuhan spesifik bagi perempuan serta penyerahan bantuan insentif guru Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2023 di Kabupaten Bintan. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini