Beranda Lipsus Advertorial

Peduli Lingkungan, Harbour Energy Dapat Penghargaan dari Pemkab Anambas

0
Sekretaris DISHUB-LH Anambas, Risdayani menyerahkan piagam penghargaan Bupati Anambas kepada Harbour Energy-f/istimewa

ANAMBAS (HAKA) – Harbour Energy bersama Pemkab Anambas melaksanakan edukasi publik, pelestarian lingkungan dan penanaman Mangrove di Desa Temburun, Kamis (29/9/2022).

Menurut Ketua Komunitas Kompak, Syahrul mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian hari HSE Global Harbour Energy tahun 2022.

“Dan melibatkan 50 pelajar MTs dan SMA sederajat yang digelar di Gedung Pemuda Anambas,” terangnya.

Ia menyebutkan, untuk narasumber pelatihan adalah Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Anambas, Risdayani, dan Perwakilan Loka KKPN Pekanbaru, Ronal Raditiya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Harbour Energy, yang telah memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan edukasi publik tentang pelestarian lingkungan magrove di wilayah Anambas,” imbuh Syahrul.

Sementara itu, Sekretaris Dishub-LH Anambas, Risdayani ikut mengapresiasi Harbour Energy Group, secara konsisten melaksanakan pelestarian penanaman mangrove di pantai Senggalong Desa Temburun, sejak tahun 2013.

“Ini sangat luar biasa, karena pohon mangrove sudah tumbuh hijau di lokasi konservasi mangrove di Desa Temburun,” sebutnya.

Sehingga, kata Risdayani, Pemkab Anambas memberikan penghargaan atas program Harbour Energy, yang peduli pelestarian lingkungan di wilayah Anambas.

“Pada kesempatan ini saya menyerahkan piagam penghargaan Bupati Anambas kepada Manajemen Harbour Energy,” imbuhnya.

kegiatan penanaman mangrove di pantai Senggalong Desa Temburun yang digagas Harbour Energy-f/istimewa

Government Affairs Sr Manager Harbour Energy, Buyung Heru Satria, menyambut baik piagam tersebut.

Ia mengatakan, ini merupakan, salah satu bukti dukungan pemerintah daerah agar Harbour Energy tetap melakukan berbagai program pembangunan untuk masyarakat Anambas ke depannya.

“Terima kasih juga kepada Dinas lingkungan hidup, Loka Konservasi serta kelompok masyarakat mangrove Desa Temburun yang telah memberikan dukungan kepada Premier Oil/Harbour Energy selama ini,” tambahnya.

Buyung juga mengatakan, Harbour Energy yang berada di beberapa negara, termasuk Indonesia melaksanakan kegiatan Hari HSE Global dalam rangka meningkatkan kesadaran atas keselamatan, kesehatan kerja dan kepedulian terhadap lingkungan agar tujuan perusahaan mencapai Zero Accident bisa tercapai.

Harbour Energy, rutin melakukan kegiatan lingkungan setiap tahun, di seluruh wilayah operasi seperti fasilitas offshore, Matak base, logistics base, yang ada di daerah Anambas.

“Dan untuk hari ini, khusus kami lakukan di sini, di area mangrove sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kegiatan lingkungan dan konservasi,” sambungnya.

Buyung menambahkan, kegiatan penanaman mangrove di Desa Temburun sejak tahun 2013. Saat ini, mulai terlihat hasilnya tumbuh dan berkembangnya mangrove sekitar 22.000 pohon menjadi hutan bakau di area pantai Senggalong.

Salah satu manfaat dari tanaman mangrove ini adalah, sebagai penyerap emisi karbon dioksida. Sehingga dapat menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan dalam keberlangsungan hidup manusia sehari-hari maupun keberlangsungan ekosistem dan habitat alam lainnya.

“Di samping itu manfaat dari hutan bakau ini juga menahan dan mencegah abrasi air laut yang akan mengikis daratan. Tempat hidup biota laut dan tentu jangka panjangnya dapat dijadikan salah satu tujuan wisata di daerah Kepulauan Anambas,” pungkasnya. (arp)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini