Beranda Headline

Menparekraf Targetkan 3 Juta Wisman Datang ke Kepri, Ansar: Tahun 2023 1,5 Juta Tercapai

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendampingi Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno ketika berkunjung ke Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang-f/zulfikar-hariankepri.com

BATAM (HAKA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menargetkan, di tahun 2024 ini 3 juta wisatawan mancanegara (wisman), akan datang berkunjung ke Provinsi Kepri.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, target tersebut setara dengan 25 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2024, yang ditargetkan sebesar 14-16 juta.

“Tahun ini jumlah kunjungan wisman ke Kepri sudah kita lalui 1,5 juta. Untuk target tahun 2024-2025 jumlahnya naik l 3 juta kunjungan,” katanya di Kota Batam, pada Selasa (2/1/2024).

Sandi mengaku optimis target tersebut bisa dicapai oleh Kepri. Karena, pada tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri hampir menembus angka 3 juta kunjungan.

Selain itu, grafik kunjungan wisman Kepri di tahun 2023 juga mengalami peningkatan hingga mencapai 1,5 juta kunjungan dibanding tahun 2022 yang sebanyak 785 ribu kunjungan.

“Meskipun sebelumnya pariwisata Kepri termasuk yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19,” sebutnya.

Sebagai dukungan untuk mencapai target tersebut, Kemenparekraf akan melakukan beberapa inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kita akan menggencarkan promosi, menambah interkoneksi, serta memperbanyak agenda-agenda wisata bertaraf internasional,” tuturnya.

Wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura saat tiba di Pelabuhan International Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (1/1/2024)-f/zulfikar-hariankepri.com

Selain itu, lanjut dia, usulan pembebasan tarif visa kunjungan (VoA) wisman yang disampaikan Pemprov Kepri juga sudah berada di meja Kementerian Keuangan. Juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisman ke Kepri.

“Saya yakin (bisa) karena Kepri juga termasuk daerah yang paling tangguh dan cepat dari sisi pemulihan pariwisata pascapandemi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyebut, sepanjang tahun 2023, wisatawan manca negara (wisman) yang datang ke Kepri menembus angka 1,5 juta orang.

Ansar menjelaskan, angka tersebut berdasarkan dari perhitungan jumlah kunjungan wisman ke Kepri sepanjang Oktober 2023 yang telah mencapai 1,2 juta orang.

Baca juga:  Ada Peluang Bauksit Dibuka, Ansar Minta Pengusaha Tak Buru-buru Cairkan DJPL

“Sehingga kita perkirakan, jika dihitung sampai Desember 2023, kunjungan wisman ke Kepri diperkirakan bisa mencapai 1,5 juta orang,” katanya, kepada hariankepri.com, Jumat (5/1/2024).

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu melanjutkan, di tahun 2024 ini, jumlah kunjungan wisman ke Kepri bisa terus meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu.

Ansar pun berharap, rencana perubahan tarif Visa on Arrival (VoA) yang akan diterapkan oleh Pemerintah Pusat di tahun 2024 ini, dapat menjadi magnet bagi wisman untuk datang berkunjung ke Kepri.

“Semoga pariwisata kita terus meroket. Seperti di tahun 2019 yang jumlah kunjungannya bisa tembus diangka 2,9 juta. Kita harus kejar itu,” harapnya.(kar)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini