Beranda Headline

Gagas Inovasi Pelayanan Publik 2021, Ansar Dapat Penghargaan dari KemenPAN RB

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/istimewa-humprohub kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Aplikasi inovasi proses izin dengan Jarimu, atau Si Jempol yang diinisiasi oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, berhasil meraih urutan ke tiga dalam Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021.

Hal tersebut diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021.

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, penghargaan yang baru saja diterima itu, merupakan sebuah penghargaan yang sangat bergengsi.

“Ini patut disyukuri dan jadi motivasi bagi seluruh OPD yang ada, agar terus bergerak memutar otak dalam berkreativitas dan berinovasi,” katanya, Senin (23/8/2021) kemarin.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu menegaskan, ciri daerah yang maju adalah daerah yang memiliki daya saing tinggi. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya perlu sumber daya manusia (SDM) yang handal, kreatif dan inovatif.

“SDM seperti itulah yang kita butuhkan untuk membangun Kepulauan Riau,” tegasnya.

Sertifikat yang diterima Gubernur Ansar Ahmad dari KemenPAN RB

Apalagi sambungnya, saat ini merupakan transformasi industri 4.0, dan semua pekerjaan sudah berbasis aplikasi dan teknologi.

“Tentu kita semua harus mempersiapkan diri untuk reformasi industri ini. Karena jika tidak, kita akan tertinggal,” tuturnya.

Untuk diketahui, Aplikasi Si Jempol merupakan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dalam pelayanan perizinan di Provinsi Kepri.

Sebelumnya, pada Juli lalu, melalui aplikasi ini Gubernur Kepri, Ansar Ahmad juga telah menerima penghargaan sebagai inovator yang telah berhasil mengantarkan Pemerintah Provinsi Kepri masuk dalam ‘Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021.(kar/humprohub kepri).

Berikut 5 Aplikasi Lembaga Pemerintahan yang Masuk dalam Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021 :

1. Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan aplikasi inovasi : Layanan Cukup Mudah dan Gampang (Si Chupang);

2. Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan aplikasi inovasi : Waspada COVID-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (WASCOVE);

3. Pemerintah Provinsi Kepri dengan aplikasi inovasi : Proses Izin Dengan Jarimu (Si Jempol);

4. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan aplikasi inovasi : Sistem Informasi Emergensi Terpadu (SIRENE MUBA);

5. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan aplikasi inovasi : Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah (SERBU GASS).

#sumber : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here