Beranda Headline

Lima Partai Pastikan Kursi di DPRD Kepri Dapil Pinang, Dua Parpol Pendatang Baru

0
Suasana di depan Gedung DPRD Kepri, di Pulau Dompak, Tanjungpinang-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sepekan setelah pencoblosan pemilu 2024, sejumlah partai politik, dan para calon legislatif (caleg) telah memastikan diri, lolos ke DPRD di seluruh kabupaten kota, maupun ke DPRD Provinsi Kepri.

Hingga Rabu (21/2/2024), pukul 09:30 WIB, data real count yang ditampilkan melalui website KPU RI menunjukkan, angka perolehan suara partai dan caleg yang masuk mencapai 47,88 persen, untuk DPRD Provinsi Kepri Dapil Kepri 1 (Kota Tanjungpinang).

Seperti diketahui, untuk Daerah Pemilihan Kepri 1 Kota Tanjungpinang ini, hanya ada lima kursi yang diperebutkan, oleh puluhan caleg dari belasan parpol peserta pemilu 2024.

Dalam data real count KPU RI, terlihat Partai NasDem memimpin di peringkat pertama dengan persentase 15,68 persen. Lalu disusul Partai Golkar di urutan kedua yang persentasenya mencapai 13,4 persen.

Selanjutnya di kursi ketiga ada Partai Hanura dengan raihan 13,37 persen. Lalu disusul oleh PKS di tempat ke empat dengan persentase 13,3 persen. Sedangkan di posisi ke lima ada Partai Gerindra di angka 12,31 persen.

Namun, perolehan dan rangking ini sedikit berbeda jika dihitung berdasarkan suara masuk dari C1 plano, yang telah selesai dirampungkan penghitungannya oleh masing-masing partai.

Adapun data yang dihimpun oleh hariankepri.com dari berbagai sumber, Partai Golkar ada di posisi puncak dengan perolehan total sekitar 17.316 suara. Disusul Partai NasDem di tempat kedua dengan pencapaian 17.146 suara.

Selanjutnya di posisi ke tiga ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 16.921 suara, serta Gerindra di tempat ke empat 15.161 suara dan Hanura di kursi ke lima dengan perolehan 14.025 suara.

Jika dilihat dari komposisi ini, maka ini artinya akan ada dua partai lama, berstatus pendatang baru untuk DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang. Yakni, PKS dan Gerindra.

Baca juga:  Lulusan SMA Bisa Jadi Anggota KPPS, KPU Bintan: Gajinya Rp 1,2 Juta

Sebab di periode 2019-2024, lima partai yang berhasil mendudukkan kadernya yaitu, PDIP, Golkar, NasDem, Demokrat dan Hanura.

Kembali ke perolehan suara pemilu 2024 tadi, yang masih akan sedikit berubah, karena di Kota Tanjungpinang pada Sabtu (24/2/2024) akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 8 TPS, yang 4 di antaranya untuk surat suara DPRD Kepri.

“Betul ada 4 TPS yang PSU untuk DPRD Kepri. Dua di Kecamatan Tanjungpinang Timur, dan dua di Kota yakni TPS 006 dan TPS 15,” ucap Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Yusuf kepada hariankepri.com, Rabu (21/2/2024).

Sebelumnya, Sekretaris DPD NasDem Tanjungpinang, Abdul Salam mengakui, memang di pemilu kali ini ada kenaikan suara yang cukup signifikan untuk NasDem.

“Suara untuk DPRD Kepri dari Dapil Tanjungpinang ada kenaikan signifikan,” ucapnya singkat. (fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini