Beranda Headline

Pantai Pelawan Karimun, Wisata Bahari yang Berhadapan dengan Selat Malaka

0
Pengunjung saat berfoto di Pantai Pelawan Karimun-f/arga-hariankepri.com

KARIMUN (HAKA) – Menjadi Provinsi dengan 96 persen hamparan laut, dari total luas wilayahnya, membuat Provinsi Kepri memiliki potensi wisata bahari yang besar dan memukau. Salah satunya Pantai Pelawan di Tanjungbalai Karimun.

Pantai Pelawan terletak di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun. Jaraknya sekitar 45 menit dari pelabuhan domestik dan internasional Karimun.

Untuk menempuhnya, traveler bisa menggunakan jasa transportasi umum, ojek, atau dengan menyewa kendaraan yang banyak tersedia di Karimun.

Pantai Pelawan memang menghadirkan pesona indahnya laut dan pantai yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Lokasi Pantai Pelawan juga tak jauh dari negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Karena letak geografisnya inilah, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan dari luar negeri, terutama dari kedua negara tersebut untuk berkunjung ke Pantai Pelawan.

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru yang terhampar di penjuru pantai. Pada sepanjang pantai juga dikelilingi pohon-pohon yang tumbuh sangat lebat.

Bukan hanya itu, pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan berkilauan, juga terdapat batu besar, dan disekitarnya terdapat hutan mangrove.

Ismi salah satu warga Karimun mengatakan, Pantai Pelawan selalu ramai ketika hari libur nasional ataupun hari raya. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga dikelola dengan baik.

“Biasanya pas hari libur atau hari raya ramai, pengunjung juga bisa menikmati suasana yang nyaman di sekitar pantai,” katanya.

Suasana di Pantai Pelawan Karimun dengan gazebo atau pondok yang disediakan pengelola-f/arga-hariankepri.com

Pengelola memang melengkapi dengan fasilitas yang memadai di Pantai ini. Misalnya saja, gazebo untuk bersantai sambil menikmati kuliner dan cemilan yang dijual di lokasi Pantai Pelawan.

Fasilitas lain yang terdapat pada pantai ini adalah banana boat untuk bermain bersama, pelampung, musala, perahu bagi wisatawan yang ingin mengelilingi lautan. Pengelola juga menyediakan tempat parkir yang luas, dan juga kamar mandi atau WC untuk bilas setelah seharian bermain di pantai.

Baca juga:  Bantu Ongkos Berobat, Rahma Ajak Keluarga Rolan Belanja Kebutuhan Harian

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Pantai Pelawan yang menjadi kebanggaan warga Karimun memang memiliki potensi wisata, dan mampu menjadi daya tarik wisata di Kepulauan Riau.

Selain indah, pantai yang dikelola dengan baik ini juga merupakan garis lalu lintas pelayaran internasional. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak hanya menikmati keindahan pantai saja, namun bisa menyaksikan pemandangan kapal tanker.

“Pengunjung bisa berswafoto di sisi manapun dari pantai ini. Bisa ketika di gazebo sambil menikmati kuliner dan pemandangan laut, ato berfoto di bebatuan dengan latar laut, atau bahkan ketika matahari terbit atau terbenam,” katanya.

Karena keindahannya dan mampu menjadi daya tarik wisata, Hery menerangkan, Pantai Pelawan ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai salah satu Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Penetapan Daya Tarik Wisata di Kepulauan Riau.(arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini