Beranda Headline

Kepri Diproyeksi Dapat Dana Rp 300 Miliar dari MCC, Ansar: Untuk Pelantar 1 dan 2

0
Pekerjaan pembangunan Pelantar 1 Kota Tanjungpinang-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemerintah Provinsi Kepri diproyeksikan, memperoleh anggaran sekitar Rp 300 miliar yang berasal dari Millenium Challenge Corporation (MCC) Amerika.

MCC Amerika merupakan lembaga bantuan luar negeri Amerika Serikat (AS) untuk membantu perjuangan melawan kemiskinan global.

MCC Amerika menyalurkan hibah dari hasil pembayaran pajak masyarakat AS, untuk memberi manfaat bagi negara-negara sedang berkembang melalui Program Compact.

Dewan Direksi MCC telah memutuskan bahwa 5 provinsi di Indonesia yakni, Kepri, Sulut, Sumsel, Riau dan Bali menjadi sasaran hibah investasi yang bersifat time bound ini.

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, anggaran sekitar Rp 300 miliar tersebut, diperuntukkan bagi pengembangan Pelabuhan Kuala Riau atau Pelantar 1 dan 2, Kota Tanjungpinang.

Menurutnya, tim dari MCC Amerika sudah beberapa kali turun langsung ke lapangan untuk melakukan asistensi. Pemprov Kepri juga intens melengkapi readiness criteria, yang disyaratkan oleh tim MCC Amerika tersebut.

“Alhamdulillah kita masuk peringkat tertinggi dari lima provinsi calon penerima bantuan itu. Kemungkinan minimal kita dapat Rp 300 miliar di akhir 2023 atau di awal 2024,” katanya, di Kota Tanjungpinang, kemarin.

Ansar menjelaskan, jika nantinya anggaran itu sudah tersedia, akan digunakan untuk mengintegrasikan Pelantar 1 dan 2 serta membuat pergudangan di kawasan tersebut.

“Sekalian juga untuk pelabuhan HDPE ke Penyengat,” jelasnya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini berharap, dengan akan terintegrasikannya kedua pelantar tersebut, diharapkan arus barang dan logistik akan semakin lancar. Sehingga akan berdampak positif terhadap perekonomian di Kota Tanjungpinang.

Pada tahun ini, Pemprov sedang menyambungkan Pelantar 1 dan Pelantar 2, Tanjungpinang. Penyambungan kedua pelantar tersebut, menggunakan dana APBD Kepri yang berasal dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero dengan total anggaran sebesar Rp 40 miliar.

Baca juga:  Didampingi Ansar, Jokowi Langsung Tinjau Vaksinasi Massal di Lobam

Dengan rincian, untuk pekerjaan segmen Pelantar I sebesar Rp23,8 miliar, dan Rp 16,2 miliar untuk pekerjaan disegmen Pelantar II.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini