Beranda Headline

Kejar Target 1,2 Juta Wisman, Ansar Usulkan Penurunan Tarif VOA

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Dirjen Imigrasi, Silmy Karim dalam audiensi yang berlangsung di Ruang rapat Ditjen Imigrasi, Jakarta, Rabu (1/3/2023)-f/istimewa-diskominfo kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengusulkan pengurangan biaya Visa On Arrival (VOA) kepada Dirjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM RI.

Usulan itu disampaikan Ansar, dalam audiensi antara Ditjen Imigrasi dan Pemprov Kepri yang berlangsung di ruang rapat Ditjen Imigrasi Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Saat iti, Ansar didampingi oleh Vice Presiden BRC Lagoi, Frans Gunara dan Manajemen Nongsa Point Marina Batam, Arie Gunadi.

Ansar menyampaikan, biaya VOA sebesar Rp 500 ribu dengan durasi kunjungan selama 30 hari yang berlaku saat ini, dianggap cukup memberatkan bagi para wisatawan mancanegara (wisman).

Karena, kata dia, para wisman yang datang ke Kepri rata-rata lama kunjungannya hanya berkisar antara tiga hari sampai seminggu.

“Tarif itu masih memberatkan wisman yang ingin berlibur ke Batam dan Bintan. Kami usulkan pengurangan biaya, karena kami yakin wisman lebih tertarik datang liburan ke Kepri,” katanya.

Orang nomor satu itu di Provinsi Kepri itu melanjutkan, usulan tersebut merupakan upaya dari Pemprov Kepri untuk mengejar target kunjungan 1,2 juta wisman ke Kepri di tahun 2023 ini.

“Maka dari itu kami sangat mengharapkan Dirjen Imigrasi bisa mempertimbangkan usulan kami,” harapnya.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim dalam pertemuan itu merespon positif usulan yang disampaikan oleh Gubernur Ansar. Silmy ketika itu menjanjikan akan segera membahas usulan tersebut.

“Dirjen Imigrasi akan selalu mendukung, mempermudah, dan siap memfasilitasi segala hal agar urusan perizinan khususnya visa arival. Kalau memang bisa kita realisasikan akan segera kita eksekusi,” kata Mantan Dirut PT. Krakatau Steel Persero ini.

Namun, pihaknya meminta Pemprov Kepri agar mempersiapkan dan menyampaikan kepada Ditjen Imigrasi, terkait proyeksi kunjungan wisman yang akan ke Kepri sepanjang tahun 2023 ini.

Baca juga:  Ikut Memberi Kontribusi, Ansar Bangga dengan Marga Tionghoa di Kepri

“Hal itu sebagai dasar penguat pengambilan kebijakan pengurangan biaya Visa On Arrival di Kepri,” jelasnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan dan Kepala Biro Adpim Dody Sepka.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini