Beranda Daerah Bintan

Jumlah Peserta Turun, Bupati Roby Klaim Tour de Bintan Sukses Digelar

0
Ratusan peserta Tour de Bintan dari 33 negara melintas di Kawasan Wisata Lagoi Bintan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Event internasional Tour de Bintan Sport Tourism, untuk empat kategori sukses di Kawasan Wisata Lagoi, Sabtu (15/10/2022) pagi. Demikian ditegaskan Bupati Roby Kurniawan.

Roby mengatakan, para pesepeda dari 33 negara termasuk Indonesia antusias mengikuti olahraga bergensi itu. Bahkan, ratusan warga Bintan rela menunggu, untuk menyaksikan para pembalap.

“Alhamdulillah dua hari ini, Jumat (14/10/2022) dan hari ini Sabtu (15/10/2022), dapat terlaksana dengan baik,” ucap Roby usai pelepasan para pembalap.

Roby pun menyadari penyelenggaraan Tour de Bintan kali ini ada sejumlah kekurangan. Problem itu akibat dampak pandemi covid-19 selama 2 tahun terakhir, termasuk mengenai visa kedatangan mancanegara ke Bintan.

Sehingga, kata Roby, terjadi penurunan peserta sport tourism dalam kegiatan Tour de Bintan tahun ini, yakni jumlah peserta yang mendaftar dari 33 negara itu sekitar 835 orang, turun menjadi 531 orang.

“Tapi, Alhamdulillah, event yang kami laksanakan hari ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan Bintan,” tuturnya.

Namun Roby tidak mempersoalkan kekurangan tersebut. Malah, dirinya mengajak seluruh penggiat pariwisata tetap melakukan berbagai kegiatan pariwisata ke depannya.

“Tidak masalah, malah ini kita dijadikan semangat. Yang penting gerbang pariwisata internasional Bintan sudah dibuka kembali, dengan aman, tertib dan sehat,” terangnya.

Roby menyebutkan, kegiatan Tour de Bintan hari ini diikuti oleh empat kelompok umur yakni untuk pria mulai usia 30 hingga 50 tahun ke atas, serta kelompok remaja untuk wanita.

Para peserta itu, berasal dari Negara Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, Amerika Serikat dan negara lainnya.

Untuk hari ini Sabtu (15/10/2022) dan Minggu (16/10/2022) diikuti oleh pesepeda dengan kategori Grand Fondo Classic dengan jarak tempuh 138 Kilometer (Km), Grand Fondo Challenge sejauh 82 Km, Grand Fondo Century 113 Km dan Grand Fondo Discovery 52 Km.

Baca juga:  Bupati Roby Lantik Puluhan Pejabat, Tiga Camat di Bintan Dicopot

“Event Tour de Bintan ini, merupakan awal setelah pandemi. Event internasional lainnya akan terus digelar mulai tahun 2023,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan hari ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti, dan GM PT BRC Abdul Wahab. (rul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini