Beranda Headline

Harga Bawang Sudah Rp 43 Ribu Per Kilogram, Riany: Karena Faktor Cuaca

0
Salah satu pedagang barang kebutuhan pokok di Pasar Bintan Center Tanjungpinang-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Selain cabai, harga bawang di Pasar Bintan Center beberapa hari belakangan ini mengalami kenaikan.

Erna salah satu pedagang bawang di Pasar Bintan Center mengatakan, saat ini harga bawang jawa sudah mencapai Rp 43 ribu per kilogram.

“Sebelumnya hanya Rp 33 ribu per kilogram,” katanya kepada hariankepri.com, Jumat (24/11/2023) kemarin.

Bukan hanya bawang jawa, lanjut Erna, bawang India juga mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp 14 ribu per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp 26 ribu per kilogram.

“Ini sudah beberapa hari yang lalu naik, memang dari distributor sudah segitu harganya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Tanjungpinang, Riany menyampaikan, kenaikan harga bawang ini karena dipengaruhi dengan faktor cuaca.

“Kalau bulan November sampai Desember kan memang musim hujan. Tentu pengaruh dengan hasil panen bawang,” kata Riany, Sabtu (25/11/2023) saat ditemui di Pasar Murah, Tanjung Unggat.

Menurutnya, bawang yang dijual oleh pedagang itu rata-rata didatangkan dari wilayah Pulau Jawa. Namun, pihaknya akan terus memantau dan mencari solusi, mengenai kenaikan-kenaikan harga bahan pokok tersebut.

“Kami akan terus turun ke lapangan, jika barang tersedia banyak tapi harga naik, tentu kita tak mau seperti itu, kecuali stok terbatas barang naik, itu memang sudah hukum dagang,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Warga Temukan Mayat di Pelantar KUD Tanjungpinang, Identitasnya dari Lingga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini