Beranda Daerah Bintan

Dana minim, Acara Jong Tetap Meriah

0
Bupati Bintan Apri Sujadi saat ikut melepas Jong

BINTAN (HAKA) – Sebanyak 141 jong ukuran sedang dan 101 jong besar bersaing dalam Festival Jong Race Utara 2017 di Kampung Keter Mansur, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Sabtu (4/2/2017). Meski dan minim, kegiaran yang dibuka Bupati Bintan H Apri Sujadi ini berlangsung meriah.

“Biarlah dana minim, asalkan meriah. Di musim angin utara ini nelayan tak melaut. Tapi dengan kegiatan ini, ekonomi masyarakat nelayan bergerak,” kata Apri Sujadi.

Menurutnya hal ini merupakan suatu event olahraga budaya yang selayaknya harus terus dipertahankan dan dilestarikan keberadaannya .

Ditambahkannya juga, bahwa dirinya merasa bangga atas antusiasme masyarakat terhadap Jong Race ini, untuk di daerah Kabupaten Bintan saja, ada beberapa desa yang juga menyelenggarakan event yang sama . Untuk itulah, dirinya juga berniat untuk menganggendakan Event Jong Race dalam bentuk Bupati Cup yang kegiatannya akan dimasukkan dalam Kalender Tetap Pariwisata Kabupaten Bintan .

“Kita merasa bangga. kegiatan ini merupakan salah satu event budaya yang menjadi warisan bersama untuk terus dilestarikan, ke epan akan kita agendakan Jong Race Bupati Cup yang lokasinya akan diselenggarakan secara bergantian di tiap desa,” ujarnya sesaat setelah melepas perahu Jong bersama Plt Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara dan anggota DPRD Bintan Daeng M Yatir, serta Kadispar Luki Zaiman P.

Apri menambahkan, kegiatan ini merupakan suatu potensi yang harus benar-benar dimanfaatkan bagi meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara ke Kabupaten Bintan. Untuk diketahui, bahwa di tahun 2016 saja angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan mencapai 300 Ribu orang, untuk itulah di tahun 2017 ini, Pemkab Bintan ingin mengemas agenda pariwisata dengan sebaik-baiknya agar kunjungan wisatawan dapat terus meningkat .

Dalam kesempatan tersebut, diketahui kegiatan Lomba Jong Race Utara Kampung Keter 2017 ini diselenggarakan sampai Minggu (5/2/2017).

242 peserta lomba memperebutkan total hadiah sebesar Rp 10.200.000.

Seorang pengunjung berkewarganegaraan Perancis, Michael ( 57 ) mengatakan bahwa dirinya sangat senang menyaksikan Event Jong Race ini, menurutnya lomba ini juga menggambarkan tentang keberanian menghadapi laut. Dirinya juga merasa kagum atas kebudayaan serta kekompakan masyarakat yang selalu bergotong royong.

“Ini merupakan tradisional yang sangat menarik, yang dapat di temui di Riau Kepulauan, hal ini juga menggambarkan tentang keberanian di laut, saya pertama kali melihat permainan ini di Desa Teluk Bakau dan saya harap hal ini dapat terus dilestarikan,” ujarnya. (eci)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here