Beranda Daerah Bintan

Beri Bantuan ke Korban Banjir, Roby Perintahkan PUPR Normalisasi Waduk

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan sedang mendengarkan keluhan warga yang terkena banjir di Kijang Kota, Bintan Timur-f/istimewa-kominfo bintan

BINTAN (HAKA) – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menggelar rapat bersama sejumlah Kepala OPD beserta instansi lainnya, di Kantor Camat Bintan Timur, Jumat (5/8/2022).

Rapat itu, membahas tentang berbagai skema penanggulangan banjir di beberapa titik yang ada di Kecamatan Bintan Timur. Terutama, yang ada di Kampung Pisang, Kampung Kaula Lumpur maupun pemukiman warga yang terkena banjir beberapa hari lalu.

Atas empatinya, Roby secara pribadi terlihat membagikan 5 kilogram beras kepada warga yang terdampak banjir. Dengan total 500 karung beras untuk 477 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kecamatan Bintan Timur.

“Yang jelas akan kita selesaikan masalah banjir ini sesegera mungkin,” ucap Roby kepada warga di Kampung Pisang.

Untuk itu, Roby memerintahkan Dinas PUPRP Bintan dapat menyiapkan skema jangka pendek untuk meminimalisir/menangani permasalahan banjir dimaksud. Khawatirnya, akan ada banjir susulan.

“Dengan tenggat waktu 5 hari, setidaknya Dinas PUPRP untuk segera melakukan pendataan serta solusi di lapangan seperti apa,” imbaunya.

Selain itu, Roby juga meminta kepada dinas terkait untuk segera melakukan perencanaan kolam retensi serta normalisasi Waduk Sei Datuk.

“Termasuk selokan-selokan yang mengakibatkan terjadinya banjir,” terangnya.

Roby menambahkan, penanggulangan banjir untuk jangka panjang, akan berkolaborasi dengan Pemprov Kepri serta Satker BWS. Sebab, penyelesaian banjir itu membutuhkan anggaran besar.

“Karena kegiatan Detail Engineering Design (DED) direncanakan pada tahun 2021 lalu saja, membutuhkan anggaran setidaknya mencapai Rp 41 miliar,” pungkasnya. (rul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini