Beranda Daerah Batam

Batam, Kota Wisata Paling Populer Bagi Wisatawan

0
Bukit Welcome to Batam, berada dekat Masjid Raya Batam Center, dan terlihat jelas oleh wisatawan yang datang dari pelabuhan fery Batam Center-f/istimewa

BATAM (HAKA) – Batam adalah kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang (Barelang) dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Pulau Batam, Rempang, dan Galang dihubungkan oleh Jembatan Barelang.

Batam merupakan salah satu kota pelabuhan yang indah di Indonesia. Surga dengan pantai berpasir putih dan kaya akan sajian hidangan lautnya.

Mengapa Batam menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer bagi para wisatawan?. Berikut ini beberapa alasan harus memilih Batam sebagai destinasi liburan.

Jembatan Barelang-f/istimewa-dwiyulianto-shutterstock

Batam memiliki banyak pulau dan pantai eksotis. Di Batam, tidak akan pernah kehabisan pilihan soal pantai. Namun, bila bosan dengan pantai, Batam memiliki Pulau Rempang dan Pulau Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Selain kedua pulau tersebut, wistatawan juga bisa mencoba mengunjungi pulau-pulau kecil nan eksotis lainnya.

Kekayaan wisata bahari kota Batam juga tidak kalah dari kota lainnya di Indonesia. Kota Batam merupakan kota pelabuhan, dan merupakan pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki kekayaan wisata bahari yang melimpah. Mulai dari kuliner bahari sampai segala aktivitas rekreasi yang dilakukan di laut.

Posisi Kota Batam strategis karena dekat dengan Singapura. Jika sudah puas mengelilingi Kota Batam, wisatawan bisa menyeberang ke negara tetangga, Singapura, untuk one day trip.

Bisa dengan memilih menggunakan kapal feri yang tersedia untuk perjalanan sambil menikmati segarnya aroma laut dan hangatnya sinar matahari.

Museum Raja Ali Haji yang megah-f/istimewa-redhaali-shutterstock

Tak hanya dikenal dengan surga belanja dan hiburan, Batam juga terkenal dengan destinasi budaya dan religi dengan bangunan yang ikonik.

Di antaranya ada Masjid Raya Batam, Masjid Tanjak, Masjid Jabal Arafah yang bisa melihat Batam dari tower MAsjid. Ada juga Maha Vihara Duta Maitreya yang merupakan vihara terbesar se-Asia Tenggara.

Baca juga:  Sabtu Depan, akan Ada Pawai Budaya dan Mobil Hias di Tanjungpinang

Ada banyak landmark Kota Batam yang dapat dikunjungi, seperti Jembatan Barelang, Pantai Setokok Barelang, dan Masjid Jabal Arafah.

Bermain Jetski salah satu olahraga air yang paling diminati wisatawan yang berkunjung ke Batam-f/istimewa-seadoosafaribatam

Berbagai pilihan olahraga air yang murah. Karena letaknya yang berada di kepulauan, tentu saja Batam dikelilingi oleh laut dan pantai.

Hal ini juga menjadi keuntungan bagi Anda karena banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai jenis olahraga air. Dengan begitu, harga olahraga air menjadi bersaing.

Surga Belanja, letaknya yang strategis dekat dengan Singapura, Batam menjadi surganya belanja barang-barang bermerek dari luar negeri. Di pusat kota, Nagoya, berderet toko-toko yang memajang produk-produk bermerek dengan harga yang bersaing.

Wisatawan juga bisa menikmati kesegaran alam di Telaga Bidadari Kota Batam-f/istimewa-maridavshutterstock

Mulai dari tas, sepatu, Jam Tangan hingga parfum. Brand-brand ternama seperti Channel, Gucci, Coach, Louis Vuitton dapat dengan mudah Anda dapatkan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan klasterisasi tema pariwisata, di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan-Tanjungpinang, dan Karimun (BBK).

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2024, tentang Rencana Induk Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, dan Karimun yang diterbitkan 2 Januari 2024.

Dalam Perpres itu dijelaskan, kawasan Batam ditetapkan sebagai pusat kegiatan pariwisata berskala internasional

“Tema pariwisata Batam yakni wisata belanja, pantai, resort, event, MICE dan jasa kesehatan, dan heritage yang dalam hal ini dikawasan Camp Vietman Pulau Galang,” jelasnya.

Guntur pun optimis Batam mampu mencapai 2,3 juta kunjungan wisatawan di tahun 2024, dengan berbagai keunggulan Kota Batam yang ditawarkan.(arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini