Sebelum Dirikan Sekolah Kemaritiman, Buka Dulu Program Studi Nautika

example banner

Share this:

Gubkepri Nurdin Basirun

BATAM (HAKA) – Pemprov Kepri saat ini tengah mempersiapkan pendirian Sekolah Kemaritiman. Pendirian itu sebagai salah satu wujud keseriusan Pemprov menggarap sektor kelautan. Tak hanya menggarap potensi kelautannya saja, akan tetapi juga menyiapkan sumber daya manusianya.

Loading...

Hal itu disampaikan Gubkepri H Nurdin Basirun, sembari menambahkan saat ini untuk lahan lokasi sekolah itu sudah ada di Bintan. Namun, banyak hal yang harus dipersiapkan.

Menurut Nurdin, sebelum sekolah tersebut berdiri sendiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyarankan agar dibuka dulu program studi yang terkait dengan pelayaran. Perbincangan dengan Menhub, yang dilakukan pekan lalu, semakin mendorong Nurdin untuk mempercepat dibukanya sekolah pelayaran.

“Pak Menteri menyarankan kita untuk membuka dulu program studi nautika di perguruan tinggi negeri yang ada di Kepri,” kata Nurdin, sesaat sebelum terbang ke Pulau Nipah mendampingi Panglima TNI melakukan peninjauan.

Gubernur, mengatakan sudah memerintah stafnya untuk mengkaji kemungkinan itu. Termasuk pilihan perguruan tinggi negeri untuk pembukaan prodi nautika. Saat ini di Kepri dua perguruan tinggi negeri yang memungkinkan untuk itu, adalah Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Politeknik Batam.

“Kita ingin tahun ini dibuka. Pak Menteri juga menyarankan demikian,” kata Nurdin.

Bagi Nurdin, SDM Kepri harus mampu mengisi kegiatan ekonomi di bidang kelautan. Pemanfaatan 12 mil ruang laut, kata Nurdin, harus benar-benar memberi peluang kepada sumber daya manusia lokal.

Apalagi kini ada dorongan pusat agar Kepri berperan besar dan aktif pada pengelolaan labuh jangkar. Kata Nurdin, Kepri harus menunjukkan mampu mengelola dan menghasilkan SDM yang handal bidang kemaritiman.

Sebagai mantan nakhoda, Nurdin paham betul pentingnya SDM Kepri dibekali pendidikan formal di sektor ini. Walaupun dia paham bahwa pengalaman lapangan, dengan mengarungi laut Kepri, kemahiran akan semakin terasah.

Sektor kemaritiman, diyakini akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. (red/humas pemko)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan