Mengenal Sosok Ngesti Yuni, Perempuan Pertama yang Memimpin Natuna

example banner

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti saat turun ke Kecamatan-Kecamatan

NATUNA (HAKA) – Sejak 20 tahun lalu dilahirkan, setidaknya sudah ada lima bupati hingga sekarang, yang telah dan sementara memimpin Kabupaten Natuna.

Sejarah Kabupaten Natuna sendiri tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kabupaten Kepulauan Riau. Karena, sebelum berdiri sendiri sebagai daerah otonomi, Kabupaten Natuna merupakan bagian dan Wilayah Kepulauan Riau.

Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 yang disahkan pada tanggal 12 Oktober 1999, dengan dilantiknya Bupati Natuna Andi Rivai Siregar oleh Menteri Dalam Negeri ad interm Jenderal TNI Faisal Tanjung di Jakarta.

Setelah itu, ada nama Hamid Rizal di periode selanjutnya, Daeng Rusnadi, Raja Amirullah, Ilyas Sabli, dan hingga 2019 ini Natuna kembali dipimpin oleh petahana Hamid Rizal.

Hamid dilantik oleh Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun pada 2016 silam, sebagai Bupati Natuna bersama wakilnya, Ngesti Yuni Suprapti.

Pelantikan ini sekaligus menorehkan sejarah baru bagi Kabupaten Natuna, bahwa Ngesti adalah perempuan pertama yang berhasil masuk menjadi pemimpin daerah.

author

Author: 

Tinggalkan Balasan