Kucurkan Rp 32 Miliar, Nurdin Resmikan 4 Proyek Strategis di Tanjungpinang

example banner

Gubernur Kepri menandatangani prasasti peresmian 4 proyek strategis di Tanjungpinang-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meresmikan 4 proyek strategis Pemprov Kepri di Pelabuhan Kuala Riau, Kawasan Kota Lama, Kota Tanjungpinang, Rabu (3/4/2019).

Adapun keempat proyek strategis tersebut yakni, pengembangan dan peningkatan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar II), peningkatan Dermaga Sri Indera Sakti, pembangunan fasilitas parkir becak Pulau Penyengat, dan pembangunan gedung Kantor Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Nurdin berharap, kehadiran proyek-proyek strategis tersebut dapat meningkatkan perekonomian sekaligus mempercantik wajah Kota Tanjungpinang. Meskipun diakuinya, proyek yang diresmikan ini menurutnya masih terlalu sedikit.

“Memang masih terlalu sedikit untuk Kota Tanjungpinang. Tapi ingatlah barang siapa yang bersyukur Allah pasti akan menambahnya,” ujarnya.

Ke depan lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kepri sudah menggagas rencana besar untuk penataan Kota Tanjungpinang.

Salah satunya kata dia, yakni pembangunan Jalan Lingkar Gurindam 12 yang saat ini dalam proses pengerjaan.

“Kita ingin di Kota Tanjungpinang ini seperti di Bali yang punya jalan pesisir. Jadi nanti orang berjalan di atas air,” sebutnya.

Ia pun berharap, rencana itu mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat. Karena kata dia, tanpa adanya dukungan tentu pemerintah tidak akan mampu mewujudkan pembangunan.

“Masyarakat kita harap bisa mendukung pemerintah dalam melakukan pembangunan yang lebih baik ke depan,” harapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TS Arif Fadillah menambahkan, pengembangan Pelabuhan Kuala Riau yang kini memiliki panjang 200 meter, membuat aktivitas bongkar muat di pelabuhan itu kini menjadi lebih cepat dan efisien.

“Kalau biasanya bongkar muat butuh waktu 5 sampai 7 hari. Sekarang setiap kapal bisa langsung bongkar muat,” tuturnya.

Pengembangan proyek ini sendiri, sudah dimulai sejak 2017 lalu dengan total anggaran sebanyak Rp 32 miliar. Selain itu, terdapat 18 proyek strategis di Kota Tanjungpinang yang dikerjakan oleh Pemprov Kepri. Tiga di antaranya kata dia sudah rampung dikerjakan. Sedangkan 15 proyek lainnya saat ini sedang berjalan.

Dalam peresmian itu, Pemprov Kepri juga memberikan bantuan berupa mobil kepada kelompok nelayan, terdapat juga pemberian mesin jahit untuk UKM, serta penyerahan 22 kantong sembako kepada nelayan.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Danlantamal IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah, Kapolres Kota Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Ketua LAM Kepri Abdul Razak, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang.(kar)

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan