Beranda Headline

Untuk Penanggulangan Kemiskinan, Dinsos Kepri Gagas Program Gerdam

0
Sekretaris Dinas Sosial Kepri, Yeni Ardianti bersama Kabid Rehabilitasi Sosial, Siti Maryam, saat sosialisasi program Gerdam Kepri di Baznas Kepulauan Riau-f/istimewa-dinsos kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Riau, saat ini tengah menyusun program untuk pengentasan kemiskinan.

“Program tersebut, melalui Gerakan Pendayagunaan Masyarakat dan Dunia Usaha Kepulauan Riau atau Gerdam Kepri,” ujar Sekretaris Dinsos Kepri, Yeni Ardianti, kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Ia menyampaikan, program ini untuk mendorong dan memfasilitasi masyarakat kelas menengah, dan kelas atas serta dunia usaha, untuk secara kolaboratif membantu masyarakat kurang mampu

Dijelaskannya, program ini disusun untuk menggerakkan partisipasi masyarakat, dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Sehingga ke depan pengentasan kemiskinan di Kepri bisa mencakup sasaran kelompok yang lebih luas.

“Ini juga untuk membantu masyarakat kurang mampu yang tidak terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari kemensos,” katanya.

Targetnya ke depan, kata Yeni, tidak ada lagi masyarakat kurang mampu, yang tidak mendapat bantuan karena terkendala data DTKS tadi.

Saat ini, katanya, Program Gerdam Kepri juga telah disetujui oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 57 Tahun 2022.

Pergub ini tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Gerakan Pendayagunaan Masyarakat Dan Dunia Usaha Kepulauan Riau (Gerdam Kepri).

“Dengan adanya Pergub tersebut, kita telah memiliki landasan hukum dalam penerimaan dan penyaluran bantuan dari warga Kepri yang ingin membantu warga lain yang kurang mampu,” tegasnya.

Untuk mekanisme menjadi donatur dan penerima bantuan, Yeni menjelaskan, semuanya sudah disusun dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).

Masyarakat yang berkeinginan terlibat dalam program tersebut, bisa mengakses melalui Sekretariat Gerdam Kepri di Kantor Dinsos Kepri di Dompak, ataupun bisa melalui website resmi Gerdam Kepri.

“Jadi semuanya dilaporkan secara transparan di website tersebut. Mulai dari donatur, penerima juga laporan penyaluran bantuannya. Insya Allah akhir bulan ini kita launching websitenya berbarengan dengan launching programnya,” terangnya.

Baca juga:  Lewat Dana Aspirasi, Ketua Komisi IV DPRD Kepri Bagi 1.260 Sembako di Bintim

Yeni berharap dengan berjalannya Gerdam Kepri, tidak hanya dapat menjadi solusi dalam penanganan kemiskinan, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik Dinas Sosial Kepri.

“Harapannya akan semakin tumbuh kepercayaan masyarakat terhadap peran Dinas Sosial, serta mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bantuan dari pemerintah,” pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Kepri, Eko Sumbaryadi mengapresiasi program Gerdam Kepri yang diinisiasi oleh Sekretaris Dinas Sosial Kepri, Yeni Ardianti.

Eko berharap, program ini mampu menjadi solusi baru dalam pengentasan kemiskinan di Kepri. Karena menurutnya, kemiskinan itu merupakan masalah yang kompleks. Salah satu solusinya, melalui program Gerdam Kepri ini.

“Semoga programnya berjalan lancar dan bermanfaat bagi Provinsi Kepri dan warga Kepri,” tutupnya. (arp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini