Beranda Daerah Bintan

Tingkatkan Produktivitas, Roby Bagikan Puluhan Ton Pupuk dan Mesin Pertanian

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama sejumlah kelompok tani di Bintan usai penyerahan pupuk di Aula Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan, menggelar silaturahmi dengan para petani Bintan di Aula Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Kamis (28/12/2023).

Kegiatan itu, menurut Roby, dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, dan menjaga ketahanan pangan daerah.

“Sekaligus kami menyerahkan bantuan pertanian berupa pupuk, benih sayuran, hingga alat maupun mesin pertanian,” tutur Roby.

Ia berharap petani dapat meraih tingkat kesejahteraan. Petani di Bintan, juga merupakan salah satu penyumbang pasokan pangan untuk Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

“Manfaatkan dengan sebaik mungkin. Kita punya kekuatan dan peluang besar di sektor pertanian, Kami percaya, para petani Bintan mampu mengembangkan hasil produksinya,” terangnya.

Pelaksana Petugas (Plt) Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan Supriyono mengatakan, bantuan yang diberikan kepada petani sebagai salah satu upaya mendukung program pertanian.

Ia merincikan, bantuan sarana produksi pertanian terhadap kelompok tani Bintan dari APBD Murni maupun APBD Perubahan tahun 2023 serta Dana Insentif Daerah (DID).

Yakni, pemerintah memberikan bantuan, 6 unit handtraktor untuk 6 Kelompok Tani (KT), 9 unit cultivator untuk 6 KT, 13 mesin air untuk 4 KT, 1 unit hydrotiller (bajak kura-kura) untuk 1 KT,  2 unit kendaraan motor roda tiga (kaisar) untuk 2 KT, 910 Kg pupuk KCL untuk 3 KT, dan 895 Kg pupuk TSP 3 KT.

Selanjutnya diberikan 1,8 ton pupuk urea untuk 3 KT, 25,9 ton pupuk NPK untuk 29 KT, 9,1 ton pupuk organik untuk 13 KT, 11,6 ton pupuk kandang untuk 1 KT, 200 batang benih durian untuk 2 KT, 18 kg benih kangkung untuk 3 KT.

Selanjutnya, 15 kilogram benih sawi diberikan ke 3 KT, 18 kg benih bayam 3 KT, 49 ekor sapi untuk 6 KT, 28 ekor kambing untuk 2 KT, 2.215 ekor ayam untuk 4 KT, 769 ekor itik untuk 3 KT, 6,393 kg pakan ternak untuk 7 KT.

Baca juga:  Mobil Rusak Tak Jadi Kendala, Zulham Pakai Motor untuk Razia Perut Lapar

“Serta 12,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD),” tutupnya. (rul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini