Beranda Headline

Terus Merugi, BUMN Tutup 7 Perusahaan Sepanjang Tahun 2023

0
Kantor Kementerian BUMN di Jakarta. Sepanjang tahun 2023 ada 7 perusahaan BUMN yang ditutup-f/istimewa-net

JAKARTA (HAKA) – Akibat mengalami kerugian, akhirnya pemerintah melalui Kementerian BUMN, sepanjang tahun 2023 resmi membubarkan tujuh perusahan milik negara.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pembubaran ketujuh BUMN itu karena terus merugi, sehingga tidak layak lagi untuk dipertahankan.

“Untuk BUMN yang sudah enggak layak dari sisi bisnis dan keuangan enggak mungkin dipertahankan, opsinya pembubaran,” kata Tiko sapaan akrabnya, dilansir dari tempo.co, Minggu (31/12/2023)

Adapun 7 perusahaan itu adalah, pertama, PT Kertas Kraft Aceh atau PT KKA merupakan sebuah perusahaan BUMN, penghasil kertas kantong semen yang berada di atas lahan seluas 219,2 hektare, yang berlokasi di Desa Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Kedua, PT Kertas Lece. Perusahaan ini didirikan pada masa penjajahan Belanda pada 1939 dan mulai beroperasi sejak 1940. Perusahaan ini menjadi salah satu pabrik kertas tertua kedua di Indonesia setelah pabrik Kertas Padalarang. PT Kertas Leces mampu memproduksi sebesar 10 ton per hari dan menghasilkan kertas print yang memproses bahan baku jerami.

Selanjutnya, PT Istaka Karya. Ini merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. PT Istaka Karya sebelumnya bernama PT Indonesian Consortium of Construction Industries atau disingkat ICCI dan merupakan suatu konsorsium yang beranggotakan 18 perusahaan konstruksi Indonesia.

Yang keempat, PT Merpati Nusantara Airlines, yang merupakan induk dari Merpati Nusantara Airlines, yakni salah satu maskapai penerbangan nasional yang sebagian besar sahamnya dimiliki besar oleh pemerintah Indonesia.

Kelima, adalah PT Industri Sandang Nusantara merupakan perusahaan tekstil milik Pemerintah Indonesia yang berkantor pusat di Bekasi, Jawa Barat, dan didirikan pada 1999. Perusahaan ini didirikan dalam swasembada kebutuhan pangan yang dicanangkan pada 1961.

Baca juga:  Data Terbaru Kemenkes: Per 2 Oktober Situasi Covid-19 di Kepri Sudah Level 1

Lalu ada PT Pengembangan Armada Niaga Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan PT PANN merupakan BUMN yang didirikan pada 6 Mei 1974 dan bergerak di bidang pengembangan armada niaga nasional.

Yang terakhir, PT Industri Gelas atau PT IGLAS (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kemasan gelas, khususnya botol. Perusahaan ini didirikan pada 29 Oktober 1956 dan beroperasi pertama kali pada tahun 1959. (fik/tmp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini