Beranda Headline

Tekan Inflasi, Pemprov Kepri Bagikan 35 Ribu Bibit Cabai Gratis untuk Masyarakat

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat memborong cabai hasil panen petani cabai Kampung Sidodadi, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Di tahun anggaran 2024 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menjalankan program pembagian 35 ribu bibit cabai gratis untuk masyarakat.

Kepala Dinas KP2KH Rika Azmi mengatakan, program tersebut bertujuan untuk menekan angka inflasi, karena harga cabai di pasaran kerap menjadi penyumbang angka inflasi.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan gerakan menanam cabai yang digaungkan oleh Kementerian Dalam Negeri,” katanya, kepada hariankepri.com, Kamis (23/5/2024).

Rika menjelaskan, 35 ribu bibit cabai itu akan dibagikan kepada seluruh masyarakat di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Bibit cabai yang dibagikan tersebut berasal dari Balai Benih Induk Provinsi Kepri.

“Nantinya masing-masing warga akan mendapatkan 20 bibit cabai, terdiri dari 10 bibit cabai merah dan 10 bibit cabai rawit,” jelasnya.

Adapun lokasi pengambilan bibit cabai itu, untuk di Kota Tanjungpinang di Jalan Jatayu, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Sedangkan, untuk Kabupaten Bintan bertempat di Balai Benih Induk Provinsi Kepri.

“Warga yang mau mengambil bibit cabai itu tinggal membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK),” paparnya.

Pihaknya berharap melalui program ini, dapat membantu pemenuhan kebutuhan rumah tangga sehari-hari, tanpa ketergantungan pasokan cabai dari pasaran.

Dalam program ini DP2KH juga telah menyiapkan penyuluh pertanian guna mendampingi masyarakat menanam bibit cabai agar tumbuh subur dan berbuah.

“Selain itu masyarakat juga bisa belajar mandiri lewat sosial media, seperti di You Tube,” pungkasnya.(kar)

Baca juga:  Lama Tak Dioperasikan, Bupati Roby akan Fungsikan Lagi Mini Zoo Kijang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini