Beranda Daerah Bintan

Taman Satwa Kijang Jadi Alternatif Tempat Liburan Keluarga di Bintan

0
Sejumlah pengunjung sedang memberikan makanan ke tiga ekor rusa yang ada di Taman Mini Zoo Kijang saat soft launching Taman Satwa Kijang-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Taman Satwa Kijang atau lebih dikenal Mini Zoo Kijang, kini telah dibuka kembali setelah sempat ditutup pada tahun 2018 lalu.

Terdapat beragam satwa yang ada di Mini Zoo Kijang yakni, rusa, puluhan burung loverbird dan burung parkit. Pengunjung juga bisa melihat ayam kalkun yang tentunya habitatnya jarang terlihat di Kepulauan Riau.

Selain itu, di Mini Zoo juga ada kelinci, ayam kate, dan angsa. Puluhan ekor merpati juga menambah indahnya suasana di Mini Zoo. Kemudian ada ayam mutiara, dan kasturi, serta puluhan ekor ikan berbagai jenis di kolam.

Bukan hanya hewan, di Mini Zoo juga ada sejumlah fasilitas pendukung untuk para pengunjung di antaranya toilet serta tempat peristirahatan dan tempat bermain anak-anak.

Pengunjung saat melihat beragam hewan di dalam Mini Zoo Kijang-f/masrun-hariankepri.com

Seorang pengunjung bernama Ernawati mengaku senang, melihat Mini Zoo Kijang dibuka kembali untuk masyarakat. Dirinya datang bersama anaknya, untuk melihat hewan-hewan di dalam taman yang baru saja diresmikan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan.

“Saya senang sudah dibuka lagi Mini Zoo ini. Karena, beberapa tahun terakhir ini ditutup,” ucap Ernawati saat menyaksikan hewan serta fasilitas Mini Zoo, kepada hariankepri.com

Ernawati mengaku bersama ibunya dan warga lainnya melihat beberapa hewan saat soft launching Taman Satwa Kijang itu. Ia dan anaknya melihat kelinci-kelinci serta burung loverbird dan burung parkit, yang ada di dalam kandang.

“Saya tinggal di Kampung Keke Kijang. Jadi lebih dekat datang ke Mini Zoo ini. Bisa liat binatang peliharaan sambil foto-foto di sini,” tambahnya sambil akhiri sesi wawancaranya.

Masyarakat saat menikmati suasana di Mini Zoo Kijang-f/masrun-hariankepri.com

Mini Zoo Kijang juga dibuka gratis untuk masyarakat, dengan jam operasional mulai jam 8 pagi sampai sore.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan menambah jumlah satwa di Mini Zoo itu. Semoga ini bisa menjadi literasi serta wisata bagi anak-anak didik di Bintan.

Baca juga:  Gesa Pembangunan Karimun-Anambas, Ansar Bawa Rafiq dan Haris Temui Menteri Bappenas

“Alhamdulillah, sudah kita launching Taman Satwa Kijang. Setelah diresmikan tahun 2011, dan ditutup tahun 2018 lalu,” terang Roby.

Dirinya menyampaikan rasa syukur tak terhingga atas dibukanya kembali Mini Zoo tersebut. Sehingga, antusias warga berdatangan untuk menyaksikan hewan-hewan di sini.

“Bahkan sebelum diresmikan, banyak warga dari pulau-pulau datang melihat-lihat Mini Zoo di hari Minggu (11/2/2024) kemarin,” imbuh Roby.

Beragam hewan di dalam Mini Zoo Kijang-f/masrun-hariankepri.com

Roby menambahkan, Pemkab Bintan mempersilakan bagi warga yang memiliki hewan peliharaan untuk dihibahkan ke Mini Zoo Kijang.

“Masyarakat dipersilakan untuk hibahkan hewannya ke sini. Supaya, satwa nya semakin bervariasi di Taman Satwa Kijang,” tutupnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Guntur Sakti, menjelaskan, kebijakan dan strategi pembangunan pariwisata di Kawasan Batam-Bintan-Karimun sudah diarahkan berbasis keunggulan komparatif, dan keunggulan kompetitif di masing-masing wilayah.

“Tema pariwisata Bintan seperti wisata pantai, resort, event sport, ekowisata, event, dan MICE” katanya.

Guntur pun menyambut baik dengan dibukanya kembali Mini Zoo Kijang. Ia berharap ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bintan. (rul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini