Beranda Headline

SMAN 1 Tanjungpinang, SMA Tertua di Kepri yang Cetak Ratusan Orang Hebat

0
SMA Negeri 1 Tanjungpinang adalah sekolah menengah atas tertua di Provinsi Kepri. f/pasha-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – SMA Negeri 1 Tanjungpinang, merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) tertua di Kepri, yang menyimpan segudang prestatsi dan mencetak ratusan alumni yang hebat.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Imam Syafi’i, sekolah ini merupakan sekolah tertua di Kepri, yang didirikan pada 16 Agustus 1956, dan berlokasi di Jalan Dr Soetomo, Bukit Cermin, Kota Tanjungpinang.

Imam mengungkapkan, pada awal berdirinya, sekolah ini menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan menumpang SD Negeri 6 Tanjungpinang, dan memiliki 3 jenis jurusan.

“Sekolah ini juga dulunya bernama SMA Negeri Tanjungpinang dengan 3 jurusan yang diterapkan, yakni Jurusan A (Ilmu Bahasa), B ( Ilmu Pasti Alam) dan Jurusan C ( Ilmu Sosial Budaya ),” ucapnya pada hariankepri.com di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Senin (13/5/2024).

Meski terdapat 3 jurusan, sekolah ini awalnya hanya menampung sebanyak 70 siswa saja, yang terbagi dalam 4 rombongan belajar.

Ia menyebutkan, sekolah ini mulai menempati gedung barunya di Jalan Dr Soetomo pada tahun 1958, sebanyak 6 ruang. Yang terdiri dari Ruang Kepala Sekolah dan TU, ruang majelis guru dan 4 ruang belajar.

Pada masa kepemimpinan Kepala Sekolah kelima, G.P Sagala, SMA Negeri Tanjungpinang berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Tanjungpinang pada tahun 1979.

Lebih lanjut Imam Syafi’i mengatakan dalam perkembangannya, SMA Negeri 1 Tanjungpinang tumbuh menjadi sekolah yang diminati oleh masyarakat Kepri dengan akreditasi A, sehingga pemerintah selalu menitipkan program pembelajaran yang nantinya akan diterapkan oleh sekolah lainnya.

“Sekolah ini selalu lebih dulu melaksanakan program pembelajaran, yang nantinya pemerintah akan menerapkan di sekolah lain,” ujarnya.

Adapun program-program pemerintah yang pernah dijalankan SMA Negeri 1 Tanjungpinang, di antaranya SMA Binaan Khusus, Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI), Sekolah Rintisan Pelaksana Kurikulum 2013, Sekolah Rujukan.

Baca juga:  Tiap Tahun Pemko Bayar PJU Rp 15 Miliar ke PLN, Tapi Lampu Jalan Banyak Mati

Sekolah yang memiliki slogan “Sampahku Tanggung Jawabku” ini telah mencetak segudang prestasi. Tidak hanya prestasi siswa, tetapi juga penghargaan sekolah yang tertata rapi.

Pada tahun 2011, SMAN 1 Tanjungpinang menerima penghargaan  dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik  Indonesia Dr. Amir Syamsuddin, sebagai Sekolah Berprestasi dan Tertib Hukum di Provinsi Kepri.

Selanjutnya, pada tahun 2013, sekolah ini mendapatkan penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai Sekolah Adiwiyata  Nasional Tahun 2013.

Selain itu, sekolah ini juga meraih prestasi dan penghargaan di tahun 2015, yakni Penghargaan dari Tim Pembina UKS Pusat  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,  dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015 dan Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai sekolah dengan Indek Integritas Tinggi pada tahun 2015.

Tidak hanya itu saja, sekolah ini juga sudah beberapa kali melakukan pergantian kepala sekolah, yang tentunya merupakan orang-orang hebat yang pernah memimpin sekolah ini.

Meski sudah cetak ratusan orang hebat, sekolah ini tetap akan terus mencetak banyak orang-orang hebat, dan bersaing dengan sekolah lain baik di dalam maupun luar Provinsi Kepri. (sha)

Berikut merupakan Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, yakni:

1.Herkoesoemo/Kepsek Tahun 1956
2.Muhammad Holil/Kepsek Tahun 1960
3.Redwan Heppi/Kepsek Tahun 1961
4.Djaduli/Kepsek Tahun 1962
5.G.P Sagala/Kepsek Tahun 1967
6. Syaiful Azam/Kepsek Tahun 1982
7. Abdul Rahman/Kepsek Tahun 1985
8. Zakir Zen/Kepsek Tahun 1989
9. Abubakar M/Kepsek Tahun 1991
10.M Yusuf Ahmad/Kepsek Tahun 1998
11.Elfizah/Kepsek Tahun 2004
12.Encik Abdul Hajar/Kepsek Tahun 2008
13. Imam Syafi’i/Kepsek Tahun 2013 sampai sekarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini