Beranda Headline

Libatkan Ribuan Peserta, Ada Beragam Lomba di Festival Sumpah Pemuda Kepri

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Ketua PKK, Dewi Kumalasari Ansar saat mengikuti defile Festival Sumpah Pemuda Kepri Tahun 2022 di Kawasan Kota Lama-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sempena Hari Sumpah Pemuda tahun 2023, Pemprov Kepri menggelar Festival Sumpah Pemuda yang dipusatkan di Gedung Daerah dan Tugu Sirih, mulai Kamis (25/10/2023) hingga Sabtu (28/10/2023).

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Aludin Andi menyampaikan, festival ini merupakan hasil kolaborasi antara Dispora Kepri, Kepri Photo Community, Karang Taruna Kepri dan Purna Paskibraka Tanjungpinang.

“Dalam festival ini akan menampilkan berbagai macam atraksi serta perlombaan yang akan melibatkan ribuan peserta,” katanya, kepada hariankepri.com, Rabu (25/10/2023).

Lebih lanjut ia mengutarakan, rangkaian festival ini akan diawali pameran bazar kewirausahaan pemuda, permainan layang-layang, lomba tari kreasi pemuda, pagelaran kuda lumping serta barongsai pada Kamis (26/10/2023).

Kemudian, pada Jumat (27/10/2023) kegiatan dilanjutkan dengan, senam sehat pemuda, Kepri foto maraton, lomba vokal dan band pemuda, serta permainan olahraga tradisional, seperti engrang, sumpitan, hadang, gasing, dan juga ada dari aksi komunitas pemuda.

“Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari pagi hingga malam hari,” jelasnya.

Selanjutnya, pada Sabtu (28/10/2023), kegiatan akan dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Provinsi Kepri di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang.

“Pak Gubernur yang akan memimpin upacara tersebut,” ujarnya.

Setelah upacara, akan ada kegiatan defile pakaian adat nusantara, lomba Kepri Young Carnival, lomba mewarnai tingkat TK dan PAUD, lomba kriya serta lomba inovasi teknologi pemuda.

“Total ada sembilan perlombaan selama tiga hari itu,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Festival Sumpah Pemuda Kepri pertama kali igelar di Kawasan Kota Lama, Kota Tanjungpinang di tahun 2022 lalu.

Festival ini sendiri merupakan gagasan dari Diskominfo Kepri. Di tahun perdana pelaksanaannya, festival ini sukses menarik animo masyarakat Kota Tanjungpinang untuk hadir menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan dalam festival tersebut.

Baca juga:  Bawa Bantuan ke Warga Karimun, Gubernur Isdianto: Kebijakan Kami Pasti Pro Rakyat

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengaku cukup bangga sekaligus bahagia dengan animo masyarakat yang hadir untuk meramaikan festival tersebut.

“Saya merasa bahagia dan bersukacita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini,” katanya di malam penutupan Festival Sumpah Pemuda tahun 2022 silam. (kar)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini